IFA 2017

Tren Positif, Lenovo Tambah Investasi di Segmen Gaming

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 02 Sep 2017 13:03 WIB
lenovoifa 2017
Tren Positif, Lenovo Tambah Investasi di Segmen Gaming
Lenovo menghadapi sejumlah tantangan dalam memperkukuh eksistensinya di ranah gaming.

Metrotvnews.com, Berlin: Pada pertengahan tahun pertama tahun 2017 lalu, Lenovo kembali menegaskan fokusnya dalam mendukung industri gaming melalui berbagai sponsorship di sejumlah liga esport, serta menggiatkan kehadiran merek untuk perangkat gaming tersendiri, yaitu Legion.

"Ranah gaming mengalami pertumbuhan sangat pesat, mendorong berbagai pihak mulai menyeriusi ranah ini dan berinvestasi dalam jumlah lebih besar, tidak terkecuali pemerintah di berbagai negara. Hal ini juga digiatkan Lenovo dengan berbagai dukungan, sehingga pertumbuhan Lenovo di ranah ini meningkat cukup tinggi," ujar President Lenovo Asia Pasific & Senior Vice President Lenovo Group, Ken Wong.

Perkembangan ranah gaming tersebut juga dinilai Ken Wong tidak berdampak secara signifikan pada pertumbuhan pasar PC. Pasar tersebut dinilai Wong bukannya penurunan melainkan mengalami pertumbuhan lebih lambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan ranah gaming yang kini menjadi tren dan berkembang sangat pesat hingga melebihi ranah PC.

Hal tersebut, lanjut Wong, menimbulkan tantangan bagi produsen PC termasuk Lenovo untuk tetap dapat hadir dalam pasar PC tersebut. Tantangan utama yang ditemukan Lenovo sebagai produsen PC adalah menemukan cara untuk menjaga ketertarikan dan minat konsumen pada hal baru yang ditawarkannya.

Tantangan tersebut melandasi Lenovo untuk menjadikan investasi ke divisi riset dan pengembangan sebagai salah satu fokus utamanya. Lenovo menyebut menambahkan investasi lebih tinggi kepada divisi riset dan pengembangan sebesar 20 persen lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Penambahan investasi tersebut bertujuan memberikan peluang kepada tim pengembang dalam menciptakan inovasi yang dinilai mampu membuat konsumen tertarik.

Wong juga menyebut, tantangan lain yang dihadapi Lenovo di ranah gaming adalah dalam melakukan penetrasi kepada penggemar berat sejumlah merek lini gaming karya produsen lainnya. Meskipun demikian, Lenovo yakin dalam mengatasi tantangan tersebut melalui produk yang dihadirkannya, serta memilih fokus pada pasar yang sesuai.

Saat ini, pertumbuhan industri gaming yang pesat di Asia, termasuk Tiongkok, serta Australia, menjadikan wilayah ini sebagai wilayah fokus utama dan penerima investasi lebih banyak dari Lenovo. Tidak terhenti di sana, ranah gaming yang dipopulerkan oleh kaum muda juga dinilai Wong menjadi tantangan tersendiri bagi Lenovo.

Hal ini disebabkan karena perusahaan umumnya dipimpin oleh generasi lebih tua atau bukan generasi milenial, sehingga pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan generasi muda tersebut tidak dimiliki oleh perusahaan.

Kurangnya pemahaman ini menjadi landasan Lenovo dalam menjadikan fokus untuk lebih memahami konsumen lebih baik tidak hanya sebagai strategi yang diusung, juga menjadi budaya yang dihadirkan di perusahaan.


(MMI)