Layanan Pembayaran Alibaba Rambah Pasar Indonesia

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 19 Apr 2017 16:39 WIB
alibaba
Layanan Pembayaran Alibaba Rambah Pasar Indonesia
Ant Financial dilaporkan bekerja sama dengan Emtek Group untuk menghadirkan layanan pembayaran mobile di Indonesia.

Metrotvnews.com: Ant Financial Services, afiliasi pembayaran raksasa internet Tiongkok Alibaba Group Holding dan Alipay, mengumumkan akan merambah pasar Indonesia, guna mendirikan perusahaan gabungan dengan konglomerat media lokal, Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group.

Menurut Nikkei Asia, perusahaan gabungan tersebut akan mengembangkan layanan pembayaran mobile untuk aplikasi chat BlackBerry yaitu BBM, yang saat ini diklaim masih digunakan oleh lebih dari 60 juta pengguna di Indonesia.

Kesepakatan perusahaan gabungan tersebut memberikan Ant Financial akses ke pasar besar dengan regulasi ketat, menambah deret panjang investasi startup, seperti e-commerce Bukalapak.

Ant Financial merupakan perusahaan yang berperan besar dalam pembangunan jaringan global platform pembayaran online di luar Tiongkok. Perusahaan tersebut tercatat telah berinvestasi pada unit teknologi finansial milik konglomerat Thailand, CP Group pada tahun 2016.

Selain itu, Ant Financial baru-baru ini juga mengumumkan investasi senilai USD200 juta (Rp2,6 triliun) pada anak perusahaan pembayaran mobile dari platform pesan instan asal Korea Selatan, Kakao Corp.

Kehadiran Ant Financial di Indonesia diperkirakan akan meningkatkan persaingan di industri pembayaran mobile di negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dengan kurang dari separuh populasinya memiliki akun bank.

Tidak hanya perusahaan finansial, investasi di ranah pembayaran mobile turut dimeriahkan oleh layanan transportasi berbasis online seperti Go-Jek dan Grab. Kedua layanan ini turut memanfaatkan layanan dompet elektronik sebagai dampak dari pertumbuhan pengguna smartphone yang pesat di Indonesia.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.