Menkominfo Rudiantara Pastikan Slot Satelit Telkom 1 Masih Aman

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 05 Sep 2017 14:54 WIB
satelittelkommenkominfo
Menkominfo Rudiantara Pastikan Slot Satelit Telkom 1 Masih Aman
Kiri ke kanan: Dirut Telkom, Alex J Sinaga bersama Menkominfo, Rudiantara (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, hari ini melakukan kunjungan ke Crisis Center Telkom Group di Jakarta untuk memantau perkembangan pemulihan layanan satelit Telkom 1 yang mati akhir Agustus lalu.

Dalam kunjungannya, Rudiantara mengapresiasi Telkom karena telah berhasil memulihkan 71 persen layanan hingga saat ini. Ia juga optimis semua layanan yang terhubung ke satelit Telkom 1 bisa pulih pada tanggal 10 September mendatang.

"Saya mengapresiasi teman-teman di lapangan. Melihat perkembangan saat ini, saya punya confidence semuanya bisa pulih sesuai dengan jadwal yang telah ditargetkan, yaitu 10 September," ujar Rudiantara.

Rudiantara juga menambahkan pihaknya terus melakukan pemantauan, bahkan hingga di lapangan. Menurutnya, proses repointing tidak mudah karena parabola di berbagai ground site harus diatur ulang agar mengarah ke satelit Telkom 2 dan Telkom 3S yang merupakan satelit pengganti Telkom 1 saat ini.

Menurut laporan yang diterima Rudiantara, beberapa grouund site harus memindahkan posisi parabola karena terhalang oleh bangunan. Ini disebabkan oleh posisi satelit Telkom 2 dan Telkom 3S yang tidak tegak lurus dengan wilayah Indonesia barat seperti halnya Telkom 1.

Sementara itu, Rudiantara memastikan bahwa pemerintah Indonesia akan mengamankan slot satelit Telkom 1 agar tidak digunakan oleh pihak lain. Slot tersebut nantinya akan digunakan oleh satelit baru, yaitu Telkom 4 yang rencananya bakal diluncurkan bulan Agustus 2018 mendatang.

Pihak Telkom sendiri mengatakan kontrak pembangunan dan peluncuran satelit telah selesai sejak tahun 2016 dan satelit Telkom 4S dipastikan meluncur tahun depan.

"Slot satelit ini seperti lahan parkir. Jadi kalau tidak kita amankan bisa jadi diambil oleh orang lain. Pemerintah akan memastikan slot Telkom 1 akan aman sehingga bisa digunakan oleh Telkom 4 tahun depan," ujar Rudiantara.

Satelit Telkom-1 sendiri diluncurkan pada tahun 1999 dan diperkirakan memiliki umur 15 tahun. Satelit tersebut kembali diperiksa pada tahun 2014, yaitu saat umurnya diperkirakan habis, namun kondisinya masih mumpuni untuk melayani pelanggannya sehingga kembali digunakan hingga saat ini.

Pihak Telkom melalui stasiun kontrol satelit di Cibinong pertama kali menemukan anomali di satelit Telkom-1 pada hari Jumat (25/8/2017). Saat itu kualitas sinyalnya perlahan menurun dan mati sepenuhnya menjelang malam hari.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

3 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /