Setelah 10 Tahun, Apple Akhiri Festival Musik Tahunan

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 05 Sep 2017 09:31 WIB
apple
Setelah 10 Tahun, Apple Akhiri Festival Musik Tahunan
Alami masa sulit dengan Apple Music, Apple menghentikan festival musik London tahunannya.

Metrotvnews.com: Festival musik London Apple, yang kemudian berganti nama menjadi Apple Music Festival, telah menjadi acara tahun yang diselenggarakan Apple sejak tahun 2007 lalu. Namun, Apple mengumumkan untuk menghentikan penyelenggaraan ajang tersebut.

Engadget melaporkan, keputusan tersebut merupakan wujud dari perubahan prioritas Apple dalam era musik streaming. Saat iTunes Festival diluncurkan, media streaming masih relatif baru, sehingga menjual lebih banyak album menjadi tujuan utama Apple.

Setiap video yang dihadirkan iTunes disambut dengan baik, dan Apple masih tidak perlu mengkhawatirkan jumlah pelanggan dan pengguna aplikasi musiknya tersebut karena belum memiliki banyak pesaing. Kala itu, Apple juga tidak perlu khawatir terkait album yang dibeli pengguna, selama terjadi pembelian pada aplikasinya.

Hal tersebut berbeda di era Apple Music, saat Apple tidak hanya harus menarik perhatian konsumen baru tapi juga menjaga mereka untuk tetap berlangganan di aplikasinya dalam jangka waktu panjang. Hal ini mengharuskan Apple untuk memberikan penawaran konten unik untuk menjaga konsumen kembali dan terus berlangganan.

Apple Music baru-baru ini mendukung acara individual seperti Arcade Fire, Haim dan Vince Staple, serta memanfaatkan video acara dengan durasi per episode seperti Carpool Karaoke, untuk menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi aplikasi secara berkala.

Festival musik monolitik besar tersebut dilaporkan tidak membantu Apple dalam menarik perhatian konsumen. Festival ini disebut mampu menarik perhatian konsumen dalam jangka pendek, tetapi pendengar dengan cepat dan mudah kehilangan ketertarikannya saat seniman meninggalkan panggung.

Sementara itu, Apple saat ini tengah bersiap untuk menyelenggarakan acara peluncuran besar tahunannya, dilaporkan akan menampilkan rangkaian iPhone terbaru dan Apple Watch generasi 3. Acara ini akan menjadi ajang pembuktian terkait rumor perangkat edisi ulang tahun kesepuluh, yang disebut akan mengusung nama iPhone X.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.