Mobile Jadi Saluran Interaksi Digital Utama Produsen dengan Konsumen

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 04 Aug 2017 16:01 WIB
teknologi
Mobile Jadi Saluran Interaksi Digital Utama Produsen dengan Konsumen
Criteo mengumumkan hasil penelitiannya terkait saluran interaksi produsen dan konsumen terpopuler.

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan teknologi yang pesat salah satunya terlihat dari aktivitas pengguna dalam memanfaatkan perangkat mobile.

Saat ini, sebagian besar pengguna lebih banyak memanfaatkan perangkat mobile untuk aktivitas komputasi ringan dibandingkan dengan PC. Berdasarkan penelitian Criteo, situs web yang dioptimalkan untuk penggunaan mobile dan aplikasi menjadi elemen dasar kesuksesan peritel.

Konsumen saat ini lebih banyak mengeluarkan dana pada platform mobile, terlihat dari nilai rata-rata Pesanan (AOV) di paruh kedua 2016 dari aplikasi mobile mencapai USD127 (Rp1,7 juta). AOV aplikasi mobile tersebut lebih tinggi dari AOV desktop yang mencapai USD100 (Rp1,3 juta).

Asia juga disebut sebagai kontributor terbesar di dunia dengan lebih dari 40 persen pada pembelian aplikasi. Sementara AOV dari peramban mobile mengekor di belakangnya dengan nilai mencapai USD95 (Rp1,2 juta).

Pencapaian AOV Mobile tersebut turut menunjukan saluran tersebut menjadi saluran digital utama yang dapat dimanfaatkan produsen untuk berinteraksi dengan konsumen, serta memperlancar proses akuisisi penjualan.

Hal tersebut disampaikan Executive Managing Director Asia Pasifik Criteo, Yvonne Chang, turut menjadi alasan pendorong perusahaan untuk lebih banyak menanamkan investasi pada situs optimal mobile dan aplikasi pendukung.

"Itulah sebabnya, peritel online harus memberi kemudahan bagi pengguna platform mereka dalam pencarian. Terlebih penting lagi, peritel online harus menemukan cara untuk menyenangkan konsumen dengan produk yang relevan - atau dikenal sebagai pencarian e-commerce," kata Yvonne dalam keterangan resminya kepada Metrotvnews.com.

Selain itu, memasang iklan di situs dan aplikasi mobile turut dapat membantu konsumen dalam menemukan produk baru dan menciptakan penjualan, jika diimplikasikan secara tepat. Setiap slot iklan juga disebut Chang, sebagai peluang bagi peritel untuk memperkenalkan produk pada katalog yang telah dipersonalisasi untuk konsumen.


(MMI)

Video /