Essential Phone Hadapi Akhir Siklus Hidup?

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 29 Dec 2018 12:00 WIB
gadget
Essential Phone Hadapi Akhir Siklus Hidup?
Essential Phone dilaporkan segera menghadapi akhir dari siklus hidupnya.

Jakarta: Hampir dua tahun lalu, Andy Rubin, tokoh yang dikenal masyarakat sebagai Bapak Android, mengumumkan akan menciptakan ponsel unggulan baru. Perangkat ini diperkirakan akan hadir dengan layar berlekuk di masing-masing sisi tepiannya.

Ponsel ini disebut akan menjadi pesaing Apple iPhone dan perangkat high-end lainnya. Perangkat tersebut bernama Essential Phone, yang diluncurkan pada bulan Agustus 2017 lalu, dengan layar berlekuk dan poni layar kecil, meski tidak mampu bersaing dengan perangkat high-end lainnya.

Kini, situs Essential dilaporkan mencantumkan bahwa pasokan untuk Essential Phone tidak lagi tersedia. Selain sejumlah penjual pihak ketiga, Amazon tidak mencantumkan ponsel cerdas ini pada situsnya, dan situs Best Buy tidak lagi menawarkan ponsel dalam versi non-bundling.

Sementara itu pada situs operator Amerika Serikat, Sprint, halaman khusus Essential Phone tampil tanpa gambar, harga, dan informasi terkait dengan ponsel tersebut. Sementara itu, Essential dilaporkan tengah mengembangkan perangkat berteknologi AI.

Perangkat AI tersebut akan hadir dengan layar kecil dan menggunakan perintah suara untuk menavigasikannya. Selain itu, perangkat ini juga berkemampuan memesan janji temu, dan menjawab email dan pesan teks tanpa membutuhkan bantuan dari pemilik ponsel.

Beredar rumor yang menyebut bahwa Essential akan mendemokan produk ini di hadapan pengunjung ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada bulan Januari mendatang.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.