Intel Resmi Umumkan Modem Ponsel 5G

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 14 Nov 2018 09:13 WIB
intel
Intel Resmi Umumkan Modem Ponsel 5G
Intel mengumumkan modem pendukung jaringan 5G pertamanya, Intel XMM 8160 5G.

Jakarta: 5G mulai menuai momentum di kedua sisi dari konektivitas, sebab operator jaringan telekomunikasi dan produsen ponsel tengah mengembangkan solusi untuk memungkinkan konsumen menikmati jaringan dengan kecepatan super yang digadangkan berbagai pihak.

Intel pun tidak ingin ketinggalan, dengan meluncurkan modem 5G pertamanya, bertajuk Intel XMM 8160. Namun, modem ini baru akan ditemukan pada smartphone komersil yang dirilis setidaknya pada awal tahun 2019 mendatang.

Sebagai informasi, pesaing utama Intel, yaitu Qualcomm, telah terlebih dahulu merilis modem untuk smartphone 5G pada tahun 2016 lalu, meski modem ini juga baru akan tersedia di perangkat komersil pada tahun depan.

Sementara itu, Intel menyebut bahwa chip baru ini akan tersedia untuk produsen ponsel pada pertengahan tahun kedua 2019 mendatang, dan perangkat pertama yang menggunakan modem ini baru akan menyapa konsumen pada tahun 2020. Intel turut mengklaim chip ini sebagai modem dengan solusi lengkap.

Tidak hanya 5G, XMM 8160 juga berkemampuan untuk menangani konektivitas jaringan generasi sebelumnya yaitu 4G, 3G dan bahkan 2G.

Chip tunggal ini akan dapat dimanfaatkan pada papan sirkuit berukuran lebih kecil, sehingga memungkinkan produsen membekali smartphone dengan baterai berkapasitas lebih besar.

Selain itu, modem ini juga diklaim memungkinkan perangkat cerdas berukuran lebih kecil untuk dapat didukung oleh jaringan 5G. Hal ini dinilai penting mengingat salah satu keuntungan terbesar 5G adalah untuk mendukung perkembangan dan adopsi teknologi Internet of Things (IoT).

Selain ringkas, modem 5G Intel ini juga diklaim mampu menyuguhkan kecepatan puncak hingga enam gigabit per detik.

Kecepatan tersebut lebih cepat sebanyak tiga hingga enam kali lipat jika dibandingkan dengan modem tercepat pendukung jaringan 4G LTE yang tersedia di pasar saat ini.

Chip ini juga diklaim akan mendukung seluruh band, dari 600 MHz dan 6 GHz, hingga frekuensi yang disebut sebagai mmWave, dari 24 GHz.

Rencana Intel untuk 5G ini sejalan dengan rumor bahwa Apple akan memperkenalkan iPhone dengan dukungan konektivitas 5G pertamanya pada tahun 2020 mendatang.

Sebagai informasi, Intel baru-baru ini menjadi pemasok tunggal modem Apple untuk iPhone keluaran tahun 2018. Hal ini menjadikan Apple semakin bergantung pada teknologi Intel.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

1 week Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.