Update Windows 10 Oktober Diundur, Ada Masalah?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 07 Oct 2018 12:54 WIB
microsoft
Update Windows 10 Oktober Diundur, Ada Masalah?
Windows 10.

Jakarta: Windows 10 sebagai sistem operasi PC paling akhir dari Microsoft terus diberikan update bulanan. 

Dikutip dari The Verge, Microsoft baru saja mengumumkan bahwa mereka menarik Windows 10 October 2018 Update (ver.1809) setelah dirilis pada acara yang digelar Micorsoft minggu lalu. Hal ini dilakukan setelah diketahui bahwa update tersebut memiliki bug atau masalah.

Dalam situs resmi, Microsoft mengakui masalah tersebut. Mereka menyebutkan beberapa pengguna yang sudah mengunduh update  dan memasangnya justru menemukan ada file atau folder datanya yang hilang terhapus dari perangkat mereka.

Pihak Microsoft sendiri menganjurkan agara para korban segera langsung menghubungi pihak Microsoft, dan pengguna yang baru mengunduhnya agar tidak memasang terlebih dahulu. Masalah bug di update ini ternyata cukup buruk dan tidak berhenti disitu.

Sebagian pengguna yang terlanjur menjadi korban juga mengakui bahwa aplikasi peramban internet Microsoft Edge dan layanan toko aplikasi ternyata tidak bisa terhubung ke internet.

Beberapa pengguna juga menemukan bahwa update tersebut juga bermasalah dengan driver prosesor Intel yang digunakan. Intel dalam situs resminya menyebutkan update Windows 10 yang bermasalah itu tidak kompatibel dengan Intel Graphics Driver.

Sejauh ini tidak diketahui berapa banyak pengguna yang menjadi korban masalah di update Windows 10 October 2018. Pihak Microsoft kabarnya menjanjikan update perbaikan pada hari Selasa nanti.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.