Oppo Disebut Ikut Curangi Hasil Benchmark

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 01 Oct 2018 15:29 WIB
gadgetoppo
Oppo Disebut Ikut Curangi Hasil Benchmark
Oppo Find X.

Jakarta: Beberapa waktu lalu, Huawei dan Honor dihebohkan dengan tuduhan kecurangan, membuat produknya mengenali proses pengujian performa atau benchmark, sehingga hasil skornya sangat tinggi.

Masalah tersebut diselesaikan dengan membuka akses fitur tersebut. Kini giliran Oppo yang disebut melakukan kecurangan serupa.

Dikutip dari Android Authority, peneliti di TECH2 melakukan sebuah pengujian atau benchmark independen menggunakan aplikasi  dari perusahaan UL Benchmark, pemilik aplikasi 3DMark dan PCMark.

Kedua aplikasi tersebut memang terbukti terkecoh oleh merek smartphone yang melakukan kecurangan. Tim peneliti TECH2 disebut menggunakan versi versi private, bukan public version yang tersedia di layanan OS.

Tim peneliti TECH2 menemukan bahwa hasil skor pengujian menggunakan aplikasi 3DMark versi private ternyata tidak lebih tinggi ketimbang yang public version. Kali ini, dugaan kecurangan muncul pada Oppo Find X, yang merupakan smartphone paling premium Oppo.



Dalam infografis yang disajikan TECH2, diperlihatkan smartphone yang melakukan kecurangan akan memiliki perbedaan skor yang signifikan. Oppo memang bukan satu-satunya, tapi di bulan Mei lalu Oppo juga diketahui melakukan kecurangan di Oppo F7.

Sementara produk yang tidak melakukan kecurangan akan menyajikan hasil skor pengujian yang tidak jauh berbeda antara menggunakan aplikasi benchmark versi private dan public.

Pihak Android Authority dan TECH2 mengaku sudah menghubungi Oppo, sejauh ini belum ada balasan. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.