Huawei Mungkin Ikut Ciptakan Smartphone Gaming?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 06 Jul 2018 13:29 WIB
Huawei Mungkin Ikut Ciptakan Smartphone Gaming?
Huawei.

Jakarta: Tren game mobile terbukti sudah mendorong vendor smartphone berani menciptakan produk gaming, misalnya Xiaomi dengan Black Shark dan ASUS lewat ROG Phone. Bahkan vendor gaming ikut terjun ke bisnis smartphone seperti Razer lewat Razer Phone.

Kini terdengar kabar bahwa Huawei berencana ikut membuat smartphone gaming. Dikutip dari Digital Trends, Huawei telah merilis software GPU Turbo untuk diimplementasi ke smartphone buatan mereka yang mengadopsi prosesor Kirin buatan Huawei.

Software ini akan meningkatkan performa kemampuan pengolahan grafis prosesor Kirin sebesar 60 persen, sekaligus memotong konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

Hasilnya tentu sangat pas dengan kebutuhan smartphone gaming yang sangat memacu performa pengolahan grafisnya serta membuat baterainya tahan sepanjang hari untuk bermain game.

Sementara dari sisi spesifikasi memang belum ada kabar jelas mengenai rancangan spesifikasi yang akan dihadirkan Huawei untuk smartphone gaming pertamanya.

ASUS ROG Phone hadir dengan kapasitas RAM 8GB, Huawei juga baru merilis Honor 10 GT sebagai smartphone pertama mereka dengan RAM 8GB, jadi mungkin hal tersebut juga akan hadir di smartphone gaming Huawei.

Melihat konsistensi Huawei mengandalkan prosesor Kirin untuk smartphone flagship, beredar informasi bahwa Kirin 970 masih akan diandalkan oleh Huawei. Prosesor ini beberapa waktu lalu membuktikan bahwa performanya berhasil menyalip Qualcomm Snapdragon 835.

Dalam sebuah wawancara dengan President Consumer Business Huawei Jim Xu, diberikan sedikit informasi bahwa Huawei berencana merilis smartphone gaming tersebut pada akhir tahun ini.
(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.