Alexa Sekarang Bisa Jawab Pertanyaan Sulit

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 08 Aug 2018 16:08 WIB
amazon
Alexa Sekarang Bisa Jawab Pertanyaan Sulit
Amazon dilaporkan bersiap untuk meningkatkan kemampuan menjawab Alexa, melalui fitur Answer Update.

Jakarta: Amazon dilaporkan bersiap menggulirkan update pada asisten digital karyanya, Alexa, pada minggu depan.

Update ini akan menghadirkan fitur baru bertajuk Answer Update, memungkinkan Alexa memberitahukan pengguna saat dirinya telah mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang sebelumnya tidak dapat dijawab.

Namun, fitur Answer Update harus diaktifkan secara manual oleh pengguna, melalui permintaan pengaktifan yang muncul secara acak, setelah pengguna menanyakan pertanyaan sulit dijawab secara langsung bagi Alexa. Pengguna dapat menonaktifkan fitur ini melalui perintah suara.

Kemampuan ini juga dapat diaktifkan melalui perintah suara, dan asisten digital tersebut akan memberikan jawaban menginformasikan bahwa dirinya akan memberitahukan saat telah mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang belum berhasil dijawab.

Pada tahun lalu, melalui penelitian yang melibatkan 3.000 pertanyaan mengungkap bahwa Google Assistant di speaker cerdas Home mampu menjawab pertanyaan enam kali lebih banyak jika dibandingkan dengan Alexa pada speaker cerdas Echo.

Informasi yang tersedia untuk Assistant dari Google Knowledge Graph memberikannya keuntungan jika dibandingkan dengan Alexa, saat menjawab pertanyaan pengguna.

Answer Update dirancang untuk memungkinkan pengguna Alexa merasa pertanyaannya terjawab meski Alexa membutuhkan waktu lebih lama.

Sebelumnya, pengujian The Washington Post dan Globalme, perusahaan teknologi dan bahasa, dan melibatkan 70 perintah yang diutarakan kepada dua asisten personal tersebut, mengungkap bahwa Google Assistant dan Alexa masih belum mampu memahami perintah yang diberikan pengguna.

Tidak hanya aksen dan suara, teknologi AI ini kemudian juga mempelajari pola dan koneksi antara kata dan frasa.

Sementara itu pada pengujian ini, Google Assistant memiliki tingkat akurasi secara keseluruhan sebesar 83 persen, sedangkan Alexa sedikit lebih baik dengan tingkat akurasi sebesar 86 persen.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.