Akuisisi ARM oleh SoftBank Telah Rampung

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 07 Sep 2016 10:35 WIB
arm
Akuisisi ARM oleh SoftBank Telah Rampung
Ilustrasi: Independent.co.uk

Metrotvnews.com: SoftBank dari Jepang mengejutkan dunia teknologi saat mereka mengumumkan rencana untuk mengakuisisi perusahaan desain chip asal Inggris ARM Holdings di bulan Juli lalu. Ini merupakan akuisisi perusahaan teknologi Eropa terbesar. 

The Verge melaporkan, kurang dari dua bulan setelah itu, SoftBank mengumumkan bahwa transaksi akuisisi ini telah selesai. Pada akhirnya, akuisisi ini bernilai Rp421 triliun. Mulai tanggal 6 September, ARM tidak akan masuk ke dalam London Stock Exchange.

Akuisisi ARM oleh SoftBank merupakan langkah terbaru yang dilakukan oleh perusahaan asal Jepang tersebut. Sebelum ini, SoftBank telah mengakuisisi Sprint senilai USD20 miliar, dan penanaman investasi di cabang Jepang dari operator telekomunikasi Vodafone sebesar USD15 miliar. 

ARM merupakan perusahaan teknologi yang berdiri sejak tahun 1990, yang mendesain chip dan menjual lisensinya pada perusahaan-perusahaan seperti Apple dan Samsung. Chip yang didesain oleh ARM mendominasi industri ponsel dan tablet. Tahun lalu, pengiriman chip buatan ARM mencapai 15 miliar unit, setengahnya digunakan pada perangkat mobile.

SoftBank mengakuisisi ARM karena mereka ingin memperkuat rencana Internet of Things mereka.

Meskipun tahun lalu ARM hanya mendapatkan penghasilan USD1.5 miliar, chip miliknya yang efisien dan hemat daya berhasil mengubah dunia komputasi di seluruh dunia. Terlihat jelas bahwa SoftBank tidak berharap akuisisinya ini akan membuahkan hasil dalam waktu cepat.
 


(MMI)

Video /