Livestreaming

HP Akuisisi Bisnis Printer Samsung Senilai Rp13 Triliun

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 13 Sep 2016 11:10 WIB
hp
HP Akuisisi Bisnis Printer Samsung Senilai Rp13 Triliun
HP mengakuisisi divisi printer Samsung.

Metrotvnews.com: Direksi Samsung menyetujui penawaran akuisisi HP untuk operasional divisi printernya, senilai USD1,05 miliar atau sekitar Rp13 triliun. Persetujuan ini didasari oleh keinginan Samsung untuk berkonsentrasi pada area bisnis intinya.

Samsung berencana untuk memisahkan divisi printer ke dalam perusahaan berbeda pada satu November mendatang. Divisi ini kemudian direncanakan untuk dijual kepada pesaingnya di pasar Amerika Serikat, sehingga menunda persetujuan dari pemegang saham.

Bisnis printer Samsung ini mempekerjakan sebanyak enam ribu pegawai dan telah menjual printer senilai USD1,8 miliar pada tahun 2015. Sementara itu, pada rilis pers, HP menyebut kesepakatan ini sebagai akuisisi terbesar sepanjang sejarah mereka.

Perusahaan asal Amerika Serikat ini melihat akuisisi tersebut sebagai kesempatan untuk mendisrupsi dan melakukan penemuan ulang dalam industri mesin menyalin senilai USD55 miliar (sekitar Rp724 triliun) tersebut. Industri ini juga dinilai sebagai segmen yang belum mendapatkan perhatian besar, serta inovasi dalam kurun waktu lama.

HP juga bertujuan untuk menggantikan mesin penyalin secara keseluruhan dengan printer multifungsi. Sementara itu, Samsung mengungkap akan menjadikan HP sebagai sumber daya printer dan melanjutkan pemasarannya di Korea, di bawah merek Samsung.

Kerja sama ini akan memberikan HP 6.500 paten serta 1.300 insinyur dan peneliti Samsung. Wakil Presiden Samsung, Jay Y.Lee, serta Chairman, Kun-Hee Lee, juga akan ikut berkontribusi sebagai direksi HP.


(MMI)

Video /