Nova Launcher Beta 5 Punya Fitur Mirip Pixel Launcher

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 19 Sep 2016 20:53 WIB
google
Nova Launcher Beta 5 Punya Fitur Mirip Pixel Launcher
Google mengumumkan update Nova Launcher beta versi 5.0, berbekal fitur serupa Pixel Launcher.

Metrotvnews.com: Google mengumumkan versi update dari Nova Launcher untuk Android. Update beta versi 5.0 ini dilengkapi dengan fitur baru serupa Pixel Launcher, salah satunya adalah cara baru untuk membuka laci aplikasi.

Serupa Pixel Launcher baru Google, pengguna juga dapat memilih untuk menampilkan daftar aplikasi dengan mengusap ke atas, pada update ini. Perubahan ini juga terkait dengan fitur baru lainnya, yaitu bar pencarian laci terintegrasi.

Dengan mengusap ke arah bawah dari atas laci aplikasi dalam model ini akan menampilkan seluruh daftar, tidak hanya memulai proses pencarian. Untuk mengaktifkan bar pencarian terintegrasi, pengguna dapat mengaksesnya melalui Nova Settings, Appl & widget drawers, dan geser tombol "Search bar".

Bar pencarian laci terintegrasi didukung oleh tiga tab baru, yaitu Frequent, Recent dan New/Updated. Ketiga tab ini ditujukan untuk menghadirkan pengalaman pengelompokan aplikasi dengan lebih mudah, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Sementara itu, bar pencarian pada update ini juga mengusung desain serupa Pixel Launcher. Bar ini dapat tersedia pada seluruh home screen, atau bertindak sebagai widget pada layar tunggal. Selain perubahan kosmetik, fungsi bar ini masih sama. Bereda dengan Pixel Launcher, menarik bar ini tidak akan menampilkan layar Google Now.

Selain itu, gambar latar juga dapat ditampilkan pada bar navigasi, artinya dapat ditarik ke bagian bawah tombol sentuh. Fungsi ini dapat diterapkan pada gambar latar bawaan sistem operasi ataupun gambar khusus.

Tambahan lain pada update ini yaitu gestur double-tap-swipe baru untuk versi berbayar Nova Launcher juga menawarkan kemampuan pengaturan shortcut ke menu tertentu, metode mengunci layar saat time-out, berbagai perbaikan dan optimisasi untuk Android 7.0 Nougat, serta perbaikan interaksi dengan aplikasi kreator wallpaper live KLWP.

Untuk mendapatkan versi beta terbaru Nova Launcher, pengguna dapat mengaksesnya di Nova Settings, Nova, Check for updates, dan pilih "Beta' dari menu drop-down di pojok kanan atas layar. Sebagai alternatif, pengguna juga dapat mengakses situs Nova Launcher beta untuk mengunduh file APK secara manual.


(MMI)

Video /