Google Assistant Segera Dukung Transaksi Finansial

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 19 May 2017 19:13 WIB
google
Google Assistant Segera Dukung Transaksi Finansial
Google mengumumkan Google Payment API memungkinkan pembayaran menggunakan akun Google.

Metrotvnews.com: Google bukanlah pemain baru dalam ranah keuangan, setelah meluncurkan Google Wallet, Android Pay, dan Payment Request API terbuka yang digemari masyarakat. Kini Google mengumumkan Google Payment API terbarunya.

Menurut The Verge, sistem terbaru ini akan memungkinkan pengguna untuk membeli benda, baik dalam aplikasi maupun situs, dengan menggunakan akun Google. Sebelumnya kartu kredit yang tersimpan di Google hanya dapat digunakan untuk melakukan pembelian di Google Play Store atau berlangganan YouTube Red.

API baru Google tersebut diklaim akan memungkinkan pengembang pihak ketiga membebankan biaya melalui akun Google. Sementara itu, Google menghadirkan dukungannya dengan membantu menangani keamanan dan memprosesan pembayaran.

API baru ini serupa dengan produk yang tidak lagi didukung oleh Google sejak 2013 lalu, bernama Google Checkout. Saat ini pengembang dapat menggunakan PayPal Express Checkout untuk melakukan konsep pembayaran serupa API baru tersebut.

Namun, penggunaan akun Google untuk berbagai hal dinilai sebagai peluang bagi salah satu perusahaan raksasa internet tersebut. Google juga memanfaatkan setup serupa pada Google Assistant sebagai fasilitator transaksi dan bukan Android Pay.

Sebagai contoh, Google Assistant akan bertugas mengonfirmasi sebelum proses pengiriman uang dilakukan, dengan memanfaatkan sensor pemindai sidik jari pada perangkat Android. Pedagang juga dapat menerima pembayaran melalui Assistant dengan metode seerupa.

Hingga saat ini API baru tersebut belum tersedia untuk dimanfaatkan oleh publik, namun Google telah mengujinya dengan sejumlah mitra. Google juga menyebut wilayah Amerika Serikat akan menjadi wilayah pertama yang akan dapat menikmati fitur tersebut setelah resmi meluncur dalam beberapa bulan mendatang, meski belum tersedia informasi terkait wilayah lain yang akan dirambah API ini.


(MMI)

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal
Review Smartphone

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal

1 week Ago

Motorola Moto M menawarkan performa yang baik dalam hal multitasking, serta dalam desain e…

BERITA LAINNYA
Video /