8 Wilayah Gelar Kompetisi Grand Prix Startup, Mana Saja?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 14 Aug 2017 14:26 WIB
startupdigitalnkri
8 Wilayah Gelar Kompetisi Grand Prix Startup, Mana Saja?
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dan Koperasi Digital Indonesia Mandiri (DIGICOOP) akan mengadakan kompetisi Startup Grand Prix Road to Liga Digital Indonesia. 

Acara yang mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika ini akan diadakan di 8 wilayah, yaitu Jabodetabek & Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur dan Sumatera Utara. Format dari kompetisi ini berupa thematic Hackaton dan apps beauty contest. Dalam kompetisi ini, masing-masing peserta akan diminta untuk menyelesaikan tantangan yang ada di berbagai sektor unggulan.

Misalnya, para peserta dari kompetisi di Jabodetabek & Banten akan diminta untuk mengatasi masalah terkait Bandara Soekarno Hatta yang diberikan oleh Angkasa Pura II. Dirjen APTIKA Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan menyambut kegiatan ini dengan baik. 

"Penyelenggaraan Hackaton bertema bandara ini sejalan dengan semangata kerja bersama untuk mendorong digitalisasi seluruh sektor unggulan, mengingat transportasi adalah sektor prioritas dalam program Nawacita pemerintah," ujar pria yang akrab dengan panggilan Semmy ini. 



Sementara itu, Ketua Umum MASTEL, Kristiono berkata, "Startup Grand Prix ditujukan agar para startup termotivasi untuk ngebut, seperti di balapan. Selain itu, program ini juga berdampingan dengan pila konten lokal dalam inklusi digital yang dicanangkan oleh MASTEL, APJII dan ATSI."

Kompetisi Grand Prix ini pertama kali diadakan di Jabodetabek & Banten. Warming Up Class telah diadakan pada 23 Juli lalu, dilanjutkan dengan tur eksklusif khusus peserta CGK Airport Code Race di Bandara Soekarno Hatta pada tanggal 5 Agustus dan kemarin, 13 Agustus, diadakan penjurian.

Untuk wilayah Jabodetabek & Banten, terdapat 57 tim yang terdiri dari setidaknya 3 orang. Orang-orang yang boleh ikut tidak dibatasi pada para developer aplikasi. Di hadapan juri, para peserta mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan produknya selama 8-10 menit. 

Project Director Startup Grand Prix, Arki Rifazka mengaku kagum atas antusiasme dari para peserta. Dia berharap, peserta di wilayah lainnya juga tidak akan kalah banyak. Pendaftaran dari Startup Grand Prix telah dibuka untuk wilayah luar Jabodetabek & Banten. Untuk mendaftar, peserta cukup mengakses situs startupgp.id


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.