ZenFone 4 Belum Lama Rilis, ZenFone V Sudah Muncul

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 18 Sep 2017 08:24 WIB
asus
ZenFone 4 Belum Lama Rilis, ZenFone V Sudah Muncul
Asus ZenFone V masih eksklusif untuk dibundling dengan layanan operator Verizon

Metrotvnews.com: Varian ASUS ZenFone 4 belum lama dirilis ke pasar Indonesia. Tak disangka, penerusnya sudah muncul justru di Amerika Serikat, ASUS ZenFone V.

Dilansir dari GSM Arena, varian terbaru smartphone ASUS tersebut menggunakan angka Romawi untuk membedakannya dengan varian ZenFone 5 yang sudah lebih dulu di rilis pada tahun 2015. ASUS ZenFone V di Amerika Serikat muncul dalam daftar smartphone di situs ASUS wilayah teresebut.

Diketahui, ASUS ZenFone V belum akan meluncur untuk umum, melainkan khusus untuk salah satu operator besar di negara tersebut, Verizon.

Hal tersebut terlihat dari foto penampakan ASUS ZenFone V, yang pada bagian belakang bawahnya tertera logo Verizon. Tidak lupa, untuk desain pun boleh dikatakan smartphone ini masih mengusung konsep desain yang sama dengan ZenFone 3 dan seterusnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, dari spesifikasinya, ASUS ZenFone V boleh dikatakan punya posisi sebagai smartphone di segmen flagship, jika berpatokan pada jenis prosesornya. ASUS ZenFone V menggunakan prosesor Snapdragon 820, dan merunut seluruh varian ZenFone yang dimiliki ASUS, hanya ZenFone V dan ZenFone 3 Deluxe yang menggunakan prosesor tersebut.

Dapur pacunya menggunakan Snapdragon 820 2,2GHz yang didukung GPU Adreno 530 serta RAM 4GB dan ROM 32GB yang bisa diperluas lagi menggunakan kartu microSD hingga 256GB.

ASUS ZenFone V menggunakan layar AMOLED 5,2 inci beresolusi 1920 x 1080. Layar tersebut berlapis Gorilla Glass dan olophobic coating serta teknologi Tru2life khas ASUS. Untuk kemampuan kameranya, ZenFone V punya kamera belakang 23MP aperture f/2.0 OIS dan Dual LED real tone flash. Kamera depannya 8MP dengan bukaan yang sama.

ASUS ZenFone V mengadopsi ZenUI 3.0 yang bertumpu pada Android 7.1 Nougat, sementara baterainya berdaya 3.000 mAh yang mengandalkan port USB-C untuk pengisian.

Belum ada keterangan pasti kapan ASUS ZenFone V akan dirilis secara resmi ke pasar dan berapa harganya. Pihak ASUS melalui situs hanya menyatakan ZenFone V eksklusif untuk Verizon, dan spesifikasinya bisa berbeda-beda di setiap negara. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.