SpaceX Siap Kembali Luncurkan Satelit NASA

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 24 Nov 2016 12:16 WIB
antariksa
SpaceX Siap Kembali Luncurkan Satelit NASA
Satelit SWOT (NASA)

Metrotvnews.com: SpaceX mengumumkan pihaknya telah memenangkan kontrak dengan NASA untuk meluncurkan satelit baru dalam kurun waktu kurang dari lima tahun.

Satelit yang akan diluncurkan oleh SpaceX tersebut adalah Surface Water and Ocean Topography Vehicle (SWOT). Rencananya, ia akan meluncur bulan April 2021 dari Vandenberg Air Force Base di California.

Menurut The Verge, peluncuran satelit ini merupakan salah satu misi penting bagi NASA dan dunia sains. SWOT nantinya akan bertugas untuk memantau permukaan air laut di Bumi. Ia juga merupakan satelit pertama yang dirancang secara spesifik untuk melakukan tugas tersebut.

"Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari salah satu misi luar angkasa paling penting bagi NASA dan dunia ini," ujar Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell.

"Kami juga berterimakasih kepada NASA yang telah mempercayakan SPaceX untuk mengemban tugas ini."

Dalam kontraknya, NASA siap mengucurkan dana hingga USD112 juta untuk meluncurkan satelitnya tersebut. Harga tersebut tergolong besar mengingat peluncuran kargo menggunakan roket Falcon 9 seharusnya hanya membutuhkan dana sekitar USD62 juta saja. 

Sebelumnya NASA juga pernah menjalin kerjasama dengan SpaceX untuk meluncurkan satelit TESS dengan kontrak senilai USD87 juta, dan satelit Jason-3 dengan kontrak senilai USD82 juta. Keduanya jauh lebih kecil ketimbang kontrak peluncuran satelit SWOT saat ini.

NASA menjelaskan biaya peluncuran SWOT menjadi mahal karena pihaknya meminta SpaceX untuk memberikan "dukungan lanjutan" setelah satelitnya berada di orbit. 


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /