SpaceX Siap Kembali Luncurkan Satelit NASA

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 24 Nov 2016 12:16 WIB
antariksa
SpaceX Siap Kembali Luncurkan Satelit NASA
Satelit SWOT (NASA)

Metrotvnews.com: SpaceX mengumumkan pihaknya telah memenangkan kontrak dengan NASA untuk meluncurkan satelit baru dalam kurun waktu kurang dari lima tahun.

Satelit yang akan diluncurkan oleh SpaceX tersebut adalah Surface Water and Ocean Topography Vehicle (SWOT). Rencananya, ia akan meluncur bulan April 2021 dari Vandenberg Air Force Base di California.

Menurut The Verge, peluncuran satelit ini merupakan salah satu misi penting bagi NASA dan dunia sains. SWOT nantinya akan bertugas untuk memantau permukaan air laut di Bumi. Ia juga merupakan satelit pertama yang dirancang secara spesifik untuk melakukan tugas tersebut.

"Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari salah satu misi luar angkasa paling penting bagi NASA dan dunia ini," ujar Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell.

"Kami juga berterimakasih kepada NASA yang telah mempercayakan SPaceX untuk mengemban tugas ini."

Dalam kontraknya, NASA siap mengucurkan dana hingga USD112 juta untuk meluncurkan satelitnya tersebut. Harga tersebut tergolong besar mengingat peluncuran kargo menggunakan roket Falcon 9 seharusnya hanya membutuhkan dana sekitar USD62 juta saja. 

Sebelumnya NASA juga pernah menjalin kerjasama dengan SpaceX untuk meluncurkan satelit TESS dengan kontrak senilai USD87 juta, dan satelit Jason-3 dengan kontrak senilai USD82 juta. Keduanya jauh lebih kecil ketimbang kontrak peluncuran satelit SWOT saat ini.

NASA menjelaskan biaya peluncuran SWOT menjadi mahal karena pihaknya meminta SpaceX untuk memberikan "dukungan lanjutan" setelah satelitnya berada di orbit. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.