Qualcomm Luncurkan Snapdragon X20, Punya Kecepatan Unduh 1.2Gbps

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 22 Feb 2017 22:16 WIB
qualcomm
Qualcomm Luncurkan Snapdragon X20, Punya Kecepatan Unduh 1.2Gbps
Qualcomm perkenalkan modem LTE baru. (Rick Wilking / Reuters)

Metrotvnews.com: Qualcomm baru saja memamerkan modem LTE barunya, Snapdragon X20. Modem terbaru dari Qualcomm ini menawarkan kecepatan mengunduh hingga 1.2Gbps pada perangkat mobile. Ia 20 persen lebih cepat dari modem LTE sebelumnya, Snapdragon X16.

Engadget menyebutkan, X20 dapat mencapai kecepatan ini karena carrier aggregation agresif, yang menggabungkan rentang frekuensi operator, sehingga ia dapat mengunduh dengan 12 data stream yang berbeda, masing-masing memiliki kecepatan 100Mbps. Sementara itu, kecepatan pengunggahannya pun tidak buruk, mencapai 150Mbps.

Selain itu, X20 juga memiliki fitur khusus. Di Amerika Serikat, prosesor baru Qualcomm ini mendukung frekuensi 3.5Ghz yang digunakan oleh Citizens Broadband Radio Service, memungkinkan digunakannya jaringan LTE privat.

X20 juga mendukung panggilan LTE kualitas tinggi pada ponsel dengan 2 SIM, yang sangat berguna untuk negara-negara yang marak dengan fenomena 2 SIM card, seperti Indonesia dan Tiongkok.

Sayangnya, smartphone yang menggunakan Snapdragon X20 diperkirakan baru diluncurkan pada semester pertama tahun depan. Namun, mengingat jaringan LTE memang belum dapat memberikan kecepatan hingga 1Gbps, maka ini tidaklah aneh. Tampaknya, Qualcomm hanya berusaha mempersiapkan diri untuk jaringan 5G.


(MMI)