Qualcomm Dapat Persetujuan Akuisisi NXP dari Jepang?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 20 Nov 2017 15:30 WIB
qualcomm
Qualcomm Dapat Persetujuan Akuisisi NXP dari Jepang?
Qualcomm dikabakan akan mendapatkan persetujuan untuk mengakuisisi NXP. (AP Photo / Mark Schiefelbein, File)

Metrotvnews.com: Qualcomm dikabarkan akan mendapatkan izin "dalam waktu dekat" untuk mengakuisisi NXP Semiconductors senilai USD38 miliar (Rp514 triliun) dari lembaga antitrust asal Jepang.

Persetujuan dari lembaga serupa di Eropa akan mereka dapatkan pada akhir tahun, ujar orang yang tahu tentang masalah ini, lapor Reuters

Mendapatkan izin dari badan pengawas kompetisi akan membawa Qualcomm selangkah lebih dekat untuk mengakuisisi NXP dan memperkuat posisi mereka melawan Broadcom yang ingin mengakuisisi mereka dengan nilai USD130 miliar (Rp1.755 triliun). 

Sang narasumber menyebutkan bahwa Japan Fair Trade Commission (JFTC) diperkirakan memberikan izin akuisisi yang dilakukan Qualcomm atas NXP sebentar lagi, kata sang narasumber. "European Commission diperkirakan melakukan hal yang sama dalam waktu dekat."

JFTC tidak membalas ketika dimintai untuk berkomentar melalui email. Sementara European Commission, yang telah menetapkan 15 Maret sebagai batas penentuan apakah Qualcomm akan mendapatkan izin untuk mengakuisisi NXP, menolak untuk berkomentar selama Qualcomm tidak berkomentar.

Qualcomm adalah penyuplai chip untuk pembuat smartphone berbasis Android dan juga Apple. Mereka juga ingin menjadi pemimpin dalam industri chip untuk mobil yang kini terus berkembang. Untuk itu, mereka ingin mengakuisisi NXP, yang merupakan perusahahaan semikonduktor terbesar di industri tersebut. 

Untuk menenangkan kekhawatiran akan hilangnya kompetisi, Qualcomm telah setuju tidak membeli paten standar esensial NXP dan tidak akan menuntut pihak ketiga terkait paten Near Field Communication (NFC) milik NXP, kecuali dengan tujuan membela diri sendiri. Selain itu, mereka juga akan membiarkan produk pesaing menggunakan produk NXP. 


(MMI)