Tim Cook Tekankan Belajar Coding Lebih Penting dari Bahasa Inggris

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 13 Oct 2017 19:06 WIB
apple
Tim Cook Tekankan Belajar Coding Lebih Penting dari Bahasa Inggris
Tim Cook menekankan mempelajari bahasa pemprograman lebih penting jika dibandingkan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Metrotvnews.com: CEO Apple, Tim Cook mengungkap mempelajari cara bahasa komputer atau coding lebih penting daripada belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Hal tersebut disampaikan Cook kepada Presiden Perancis, Emmanuel Macron.

"Jika saya adalah pelajar Perancis dan berusia 10 tahun, saya pikir akan lebih penting bagi saya untuk mempelajari coding dibandingkan dengan bahasa Inggris. Bukan berarti saya melarang masyarakat belajar bahasa Inggris dalam bentuk lain, tapi saya rasa Anda memahami yang saya maksud adalah bahwa ini adalah bahasa yang dapat Anda gunakan untuk mengekspresikan diri kepada 7 miliar orang di dunia," ujar Cook.

Cook juga menekankan bahwa mata pelajaran coding seharusnya diterapkan di setiap sekolah publik di seluruh dunia. Penekanan pentingnya mempelajari bahasa pemprograman tersebut dinilai CBNC selaras dengan peran yang diemban Cook saat ini sebagai salah satu pemimpin perusahaan teknologi raksasa dunia. 

Namun, mungkin saran Cook tersebut selaras dengan perkembangan masyarakat saat ini yang kian mencari pekerjaan dengan penghasilan lebih besar, serta fakta bahwa lebih dari satu per tiga pekerjaan dengan gaji tertinggi di Amerika Serikat ini mengharuskan pekerja memahami pemprograman komputer.

Cook juga menyebut mempelajari dan memahami bahasa pemprograman memiliki keuntungan lebih luas. Menurutnya, bahasa pemprograman menjadi bahasa yang dibutuhkan semua orang, dan tidak hanya sekadar untuk ilmuwan komputer.

Bahasa pemprograman, lanjut Cook, memungkinkan orang yang mempelajarinya untuk melatih kreativitas mereka. Kreativitas menjadi hal utama yang diusung oleh bahasa ini, sedangkan teknologi merupakan hasil dari kreativitas tersebut.

Kombinasi kreativitas yang dapat diasah dan dikembangkan melalui bahasa pemprograman dan teknologi yang dihasilkannya disebut Cook memungkinkan individu untuk melakukan hal yang luar biasa dan mungkin berguna bagi lebih banyak orang.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.