Snapdragon 845 Dikeluarkan, Qualcomm Ajak Kita Membayangkan 6 Kecanggihan Ini

Fitra Iskandar    •    Rabu, 06 Dec 2017 10:49 WIB
snapchat
Snapdragon 845 Dikeluarkan, Qualcomm Ajak Kita Membayangkan 6 Kecanggihan Ini
Alex Katouzian, SVP and General Manager, Mobile Qualcomm Techonology Industries, Inc: Perkenalkan Snapdragon 845.

Amerika Serikat: Di Maui, Hawaii, Qualcomm akhirnya membuka rahasia ke publik. Mereka mengumumkan kehadiran Snapdragon 845.  Ini flagship terbaru di jajaran System on  Chip (SoC) mereka. Sebelumnya, kehadiran Snapdragon 845, cuma isu.

Mungkin Qualcomm percaya rahasia kemeriahan perayaan adalah kejutan, dan mereka ingin penyambutan SoC  tercanggih mereka ini terjadi serentak di berbagai negara langsung dibawa dari jurnalis masing-masing negara.

Dan Boom! Di hadapan 400 jurnalis dan analis dari seluruh dunia, Qualcomm membuka kehadiran Snapdragon 845 yang selama ini mereka simpan. Pagi 5 Desember di Hawaii, atau 6 Desember 2017 dini hari waktu Indonesia,  Alex Katouzian, SVP and General Manager, Mobile Qualcomm Techonology Industries, Inc, membuat pengumuman di atas panggung presentasi dengan menunjukan benda kecil di tangan kirinya.

“Perkenalkan, platform mobile, Snapdragon 845,” kata Katouzian.

Tahun lalu, Qualcomm merilis Snapdragon 835. Dan Snapdragon 845 ini digadang-gadang akan memulai sebuah era baru di bidang teknologi komunikasi.

Lebih Lama dari Masa Hamil Binatang Terbesar di Dunia, Paus Biru

Dalam pengantar sebelum memperkenalkan Snapdragon 845, Alex mengatakan Qualcomm melakukan riset dan berdiskusi dengan partner ekosistem mereka, tentang apa yang mereka ingin lakukan untuk memberi nilai lebih kepada konsumer. Produk apa yang konsumer ingin beli dan pakai setiap hari. Setelah itu Qualcomm kembali untuk bekerja mendesain chipset dan menjalani seluruh aspek proses produksi.

“Kami menghabiskan ribuan jam tes dan penyesuaian dan lain-lain agar sempurna saat diluncurkan. Kami membutuhkan waktu tiga tahun untuk seluruh proses ini. Ini waktu yang lama.

” Kami beri Anda prespektif.  Binatang terbesar di dunia, Paus biru membutuhkan waktu 2 tahun untuk melahirkan. Ini (845) membutuhkan tiga tahun untuk solusi level premium dengan bantuan partner ekosistem kami,” cerita Katouzian saat memperkenalkan kepada publik Snapdragon 845, di Hotel Grand Wailea, Maui, Hawaii, Amerika Serikat.




Alicia yang hanya tertawa

Sampai H-1 acara Qualcomm Snapdragon Technology  Summit 2017,  pihak perwakilan Qualcomm cuma senyum saat disinggung soal rumor Snapdragon 845. Pun ketika acara makan siang di sebuah restoran di samping kolam renang, Hotel Grand Wailea.

Ohya,  di hotel ini ada restoran namanya Humuhumunukunukuapua’a Restaurant.  Anda bisa mengeja nama restorannya? 

Alicia M.Y Lin, Head of Marketing South East Asia Region, yang bersama kami, coba melafalkannya tapi juga terbata-bata dan menyerah di percobaan pertama. Ia geleng-geleng dan tertawa. Nama restoran itu tidak lengkap Ia sebut. Sama tidak jelasnya dengan informasi soal peluncuran Snapdragon 845 dari mulutnya.

Jadi nanti ada peluncuran 845? Tanya seorang wartawan. Alicia cuma senyam-senyum. “I don’t know, maybe.

Setelah acara makan, Alicia mengajak kami tur hotel, untuk mengenalkan lokasi dan ruangan yang dipakai untuk acara.  Seorang kawan jurnalis jeli melihat tulisan di kertas di map transparan yang ditenteng Alicia.  “Di kertas belakang, ada tulisan 845 tuh...hehehe.“  

Alicia  lagi cuma diam, sambil membetulkan susunan kertas yang salah satunya berisi susunan acara. Seperti agak kikuk. Jurnalis dan analis sendiri mendapat kertas berisi susunan acara, tetapi tidak detil.

 Dominikus Susanto, Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, setengah bergurau menimpali.”Tapi kami percaya jurnalis Indonesia hahaha.” Ia meminta kabar itu tidak keluar dulu. Tapi Ia juga tidak membenarkan secara langsung kabar peluncuran Snapdragon 845.



Memang Seistimewa Apa Snapdragon 845?

Qualcomm sangat bangga dengan prosesor flagshipnya ini.  Katouzian tidak terlalu banyak merinci spesifikasi. Dari seluruh fitur dan fungsi yang dipadukan, setidaknya menurut Katouzian ada enam yang paling inovatif akan mengubah gaya hidup konsumen.

Kamera
Gawai yang ditanamkan Snapdragon 845 akan mampu mengambil gambar 360 view dengan format HD seperti kualitas Holywood.

“Dan anda bisa membagikannya kepada siapa saja di mana saja. Konten yang Anda kembangkan akan mengubah wajah sosial media. Konten dengan data tinggi bisa diakses dengan jaringan nirkabel. Itu hal yang penting yang akan kita dapatkan,” ujarnya.

Immersion
Dalam kedua format virtual reality dan augmented reality.  “Bayangkan Anda seperti berada di sebuah konser atau pertandingan olahraga dengan tiket masuk 500 dolar. Anda akan seperti melihat dan merasakan bagaimana artis atau olahragawan idola anda beraksi. Begitu pun tempat-tempat favorit lain.

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Tidak ada aplikasi di telepon genggam yang tidak tersentuh AI. Bayangkan HP anda akan mempelajari kebiasaan anda, tahu apa yang Anda suka dan tidak suka, memberi sugesti anda untuk membuat keputusan terbaik, berbicara dengan orang di seluruh dunia dengan aplikasi penerjemah waktu nyata (real time).

 “Pikirkan bagaimana komunikasi akan berubah. Bayangkan  Anda karoke dan ternyata suara yang keluar seperti suara penyanyi kesukaan Anda. AI akan menuju ke sana. Bayangkan bagaimana berbagai aplikasi bekerja di atas platorm kuat seperti Qualcomm.”

Keamanan
Semua informasi penting Anda sekarang ada di dalam telepon genggam. Kedepan, fitur HP tidak hanya menjalankan fungsi itu, namun lebih.  HP anda bisa menjadi bank, karena anda tidak perlu lagi kartu kredit untuk transaksi. Bahkan uang pun ada di telepon genggam.

“Bayangkan anda tidak akan kehilangan uang di dompet karena semua ada di HP anda. Anda biasa menyimpan barang berharga di rumah atau di bank. Tetapi, bayangkan segala urusan bank ada di dalam HP Anda.”

Koneksi
Segala aplikasi itu tidak akan berfungsi tanpa konektifitas. Snapdragon 845 akan mengakomodasi kecepatan gigabit LTE.  Pengalaman pengguna (user experience) dengan gigabit LTE, tentu akan lebih baik.

“Bayangkan, Anda mengunduh film seberat 3 gigabit LTE dengan format HD hanya dalam waktu tiga menit. Bayangkan, Anda mengakses aplikasi di web, secepat anda membuka di memori HP Anda.  Kemampuan itu bisa didapat dimana pun dan kapan pun,” Katouzian memaparkan.

Baterai
Baterai akan menjadi jauh lebih tahan lama. Anda tidak perlu sering mengisi daya. Saat daya kering setelah dipakai seharian, gawai yang menggunakan prosesor ini bisa membuat pengisian yang sangat cepat.

“Anda tinggal mengisi daya dalam hitungan menit. Bayangkan, kami tidak akan meninggalkan Anda tanpa HP Anda,” Katanya. Kemudian ia merogoh celananya mengambil chip dan memamerkannya.

“Well, Anda kini tak perlu membayangkannya lagi. Perkenalkan Snapdragon 845. Chip ini terdiri dari miliaran transistor, dan mengeksekusi ratusan juta garis kode, yang membawa fungsi dan fitur yang akan mengubah kebiasaan konsumsi  Anda . Alat ini memiliki kapabilitas terbaik pada platform mobil,” Katouzian berujar menutup perkenalan jurnalis dan analis dengan Snapdragon 845.


(FIT)