TCL Boyong Smart TV 4K Baru ke Indonesia, Apa Hebatnya?

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 07 Dec 2017 12:54 WIB
teknologi
TCL Boyong Smart TV 4K Baru ke Indonesia, Apa Hebatnya?
TCL C2 UHD TV sudah tersedia di Indonesia

Jakarta: Produsen elektronik TCL baru saja merilis televisi baru bernama TCL C2 UHD TV di Indonesia. Televisi tersebut diklaim sebagai jawaban atas tren penggunaan televisi yang bergeser ke arah online.

Sesuai namanya, televisi ini masuk ke dalam kategori smart TV atau televisi pintar yang ditenagai oleh sistem operasi Android TV. Salah satu yang diunggulkan dari televisi ini adalah harganya yang terjangkau meski diklaim memiliki fitur kelas atas.

"Televisi terbaru TCL seri C2 ini menyajikan tampilan 4K UHD (Ultra High Definition) dengan HDR dan Wide Color Gamut. Tak hanya itu, televisi ini diperkuat dengan platform Android yang memungkinkan untuk mengakses ribuan konten dari Google Play, termasuk dukungan Netflix dan Chromecast," ujar Product Manager TCL Justin Zhong.

TCL C2 UHD TV juga diklaim telah mengantongi sertifikasi Google dan sudah dioptimalkan secara khusus untuk digunakan sebagai pusat hiburan berlayar lebar.

Smart TV ini ditenagai oleh prosesor quad-core A53 berkecepatan 1,5GHz, chip grafis Mali T860, dan RAM DDR3 2,5GB. Sementara untuk penyimpanannya, TCL C2 UHD TV menggunakan memori internal sebesar 16GB.

Televisi ini menggunakan panel LED dengan resolusi 4K UHD atau 3840x2160 pixel. Ia juga sudah didukung oleh teknologi HDR dan memiliki speaker internal berteknologi Dolby & DTS Premium.

Karena menggunakan sistem operasi Android, TCL C2 UHD TV juga bisa dihubungkan secara langsung dengan smartphone baik yang berbasis Android maupun iOS.

TCL C2 UHD TV sudah tersedia di Indonesia melalui Lazada dengan banderol harga mulai dari Rp8.999.000 juta.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.