Xiaomi dan Samsung Garap Laptop Berbasis Snapdragon 835?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 19 Dec 2017 13:53 WIB
xiaomiwindows 10qualcomm
Xiaomi dan Samsung Garap Laptop Berbasis Snapdragon 835?
Xiaomi dikabarkan tertarik untuk membuat laptop dengan Snapdragon 835.

Jakarta: ASUS dan HP akan meluncurkan laptop Windows 10 yang menggunakan Snapdragon 835 pada kuartal pertama tahun depan. Lenovo juga sempat berbicara tentang rencana mereka untuk meluncurkan laptop berbasis Snapdragon 835.

Sekarang, muncul laporan bahwa Samsung dan Xiaomi juga berencana untuk membuat laptop dengan Snapdragon 835 sebagai prosesor, lapor Digital Trends

Xiaomi yang berasal dari Tiongkok biasanya fokus menjual smartphone. Namun, mereka mulai masuk ke industri laptop pada Agustus 2016 dengan meluncurkan Mi Notebook Air yang tersedia dalam ukuran layar 12,5 inci dan 13,3 inci.

Ketika itu, kedua varian menggunakan prosesor Intel Core generasi keenam. Kemudian, mereka menyediakan varian baru dengan prosesor Intel generasi ketujuh pada Maret 2017 beserta varian baru dengan ukuran layar 15,6 inci. Tahun ini, Xiaomi juga memperkenalkan Mi Notebook Air 4G. 

Sekarang, Xiaomi dilaporkan menunjukkan ketertarikan untuk membuat laptop dengan Snapdragon 835 sebagai prosesor, yang merupakan langkah yang jauh berbeda dari keputusannya untuk menggunakan prosesor berbasis Intel.

Prosesor Intel dan Qualcomm memiliki arsitektur yang berbeda. Prosesor ARM buatan Qualcomm biasanya digunakan pada tablet dan smartphone yang fokus untuk menghemat daya sementara prosesor x86 buatan Intel yang fokus pada performa, biasanya ditujukan untuk desktop dan laptop. 

Namun, Microsoft dan Qualcomm ingin mengubah keadaan itu dengan inisiatif Always Connected mereka. Fokus dari program tersebut adalah membuat laptop dengan bodi yang tipis dan ringan, baterai yang dapat satu hari penuh dan konektivitas jaringan selular.

PC berbasis Windows 10 ini akan dapat terhubung dengan internet selama pengguna memiliki paket data. Meskpun begitu, masih belum diketahui apakah komputer berbasis Snapdragon bisa memiliki performa serupa dengan komputer berbasis Intel.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

3 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.