Di Inggris, Apple Menang Tipis dari Samsung

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 26 Nov 2017 08:09 WIB
apple
Di Inggris, Apple Menang Tipis dari Samsung
iPhone 7 menjadi perangkat paling laris di Inggris selama kuartal ke-3 tahun 2017.

Jakarta: Kuartal ke-3 tahun 2017 menjadi momen tersukses Apple. Bukan hanya karena iPhone X laris manis, Apple secara umum produk berhasil menguasai market share di beberapa negara.

Misalnya, di Inggis. Firma riset Counterpoint beberapa hari lalu merilis laporan pangsa pasar smartphone di negara tersebut. Apple berhasil menduduki posisi satu menyalip Samsung dengan angka yang tipis.

"Meskipun penjualan smartphone di Inggris lesu dibandingkan tahun lalu, yaitu menurun 8 persen, Apple justru bisa menyalip posisi Samsung dengan angka yang terpaut tipis. Apple meraup 34,4 persen dan Samsung hanya 34 persen," tutur Researcher Associate Counterpoint Parv Sharma.



Research Director Couterpoint Peter Richardson menutukan dominasi kedua merek tersebut memperlihatkan bahwa Inggris merupakan pasar smartphone segmen premium. Apabila Apple memiliki pengguna fanatik, Samsung menyediakan perangkat premium tapi juga rentang harga yang bervariasi.

Lalu bagaimana dengan merek lainnya di Inggris? Huawei berhasil menduduki posisi ke-3. Menurut Sharma, Huawei serupa dengan Samsung yakni menyediakan perangkat dengan beragam segmen terutama premium dengan rentang harga yang juga bervariasi. 

Huawei menguasai 13 persen market share dan dibelakangnya ada Alcatel lalu Motorola. Kembali ke duopoli yang dilakukan oleh Apple dan Samsung kita menyadari bahwa hal ini juga terjadi seperti di pasar Amerika Serikat. 

Counterpoint juga merilis 5 smartphone paling laku pada kuartal ke-3 tahun ini di Inggris. Apple iPhone 7 menjadi perangkat paling laris lalu di 3 posisi setelahnya ada 3 diisi 3 perangkat Samsung. Terakhir, di posisi ke-5 ada Huawei dengan perangkat P10 Lite.




(MMI)