ASUS Tambah 3 Rumpun Laptop Strix, Apa Saja?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 31 Jan 2018 08:30 WIB
gamesasus
ASUS Tambah 3 Rumpun Laptop Strix, Apa Saja?
Asus ROG (Republic of Gamers).

Jakarta: ASUS mengumumkan tiga nama keluarga terbaru dari lini ROG Strix.

Tiga nama terbaru ROG yakni ROG Strix Traditional, ROG Strix Scar, dan ROG Strix Hero. Menurut Country Marketing Manager ASUS Indonesia Galip Fu, hal ini dilakukan karena melihat karakteristik setiap gamer berbeda-beda sehingga langkah ini dillakukan untuk menciptakan produk yang tepat.

ROG Strix Traditional ditujukan bagi kalangan gamer secara umum termasuk desainer grafis, bideo editro, dan 3D modeller. Laptoo segmen ini memiliki desain baru yang futuristik, dimensi tipis, dan tetap mengantongi spesifikasi perangkat kelas atas

Kemudian ROG Strix Scar dan Hero menyasar gamer yang lebih spesifik. Misalnya ROG Strix Scar ditujukan untuk penggemar game first person shooter (FPS). Laptop segmen ini memiliki frame rate layar yang sangat tinggi yaitu 120Hz dengan fresh rate mencapai 5 milidetik.

Alhasil pengguna tidak akan menemui efek ghosting dan tampilan stuttering selama permainan. Berbeda dengan ROG Strix Hero yang ditujukan untuk penggemar MOBA. Masih memiliki layar dengan refresh rate 120Hz tapi dengan kontras warna yang lebih tinggi dari layar ROG Strix Scar yaitu 100 persen sRGB gamut.

Mengutip data riset Gfk, pihak Asus mengklaim hingga tahun 2017 lalu telah menguasai 64,1 persen pangsa pasar laptop gaming berbasis NVIDIA GTX di Indonesia. Disebutkan juga segmen laptop gaming berlayar 16 inci termasuk yang populer.

"Menurut temuan GfK, ASUS Indonesia menguasai 81,9 persen pasar di segmen ini. ASUS ROG 17 inci merupakan pilihan utama pengguna yang mencari laptop dengan performa maksimum yang tersedia di pasar," ucapnya Galip.

Kabarnya tepat di 1 Februari 2018 ASUS akan kembali merilis varian laptop gaming terbarunya dengan layar berukuran 17 inci serta diklaim menawarkan performa gaming tertinggi.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.