Tahun Ini, Microsoft akan Pamer Teknologi Mixed Reality Baru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 22 Feb 2018 11:50 WIB
microsoftvirtual reality
Tahun Ini, Microsoft akan Pamer Teknologi Mixed Reality Baru
Microsoft akan pamerkan teknologi baru di bidang AR dan VR tahun ini.

Jakarta: Microsoft baru saja memberikan informasi tentang apa yang akan mereka lakukan untuk mengembangkan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality tahun ini.

Tahun lalu, Microsoft meluncurkan sekumpulan headset Windows Mixed Reality. Mereka juga mengakuisisi aplikasi VR social, AltspaceVR, yang hampir bangkrut. Akuisisi ini seolah mengonfirmasi ketertarikan Microsoft akan industri VR sosial dan siap bersaing dengan Facebook Spaces. 

Namun, Microsoft Technical Fellow, Alex Kipman berkata, akuisisi itu "hanyalah permulaan" dari usaha Microsoft di bidang VR sosial. 

Dalam sebuah unggahan di LinkedIn, Kipman belum lama ini menulis tentang prediksi perkembangan teknologi VR dan AR pada 2018. Dalam tulisannya tersebut, dia membahas tentang perkembangan di bidang VR, AR dan juga headset HoloLens milik Microsoft.

Namun, satu topik yang dia jelaskan dengan semangat adalah apa yang dia sebut "Immersive Communication". Dia menulis bagaimana VR yang ada sekarang bisa menutup diri seseorang dan aplikasi paling bermanfaat dari teknologi AR dan VR dapat menghilangkan batas untuk membuka komunikasi, lapor UploadVR.

"Saya juga berpikir bagaimana mixed reality akan mengubah cara saya berkomunikasi dalam kehidupan pribadi saya," kata Kipman. "Tidak ada batas ruang dan uang di mixed reality.

"Sebagai seorang ayah dari anak perempuan berurmu tujuh tahun dengan sebagian besar keluarga saya tinggal di Brazil, saya senang membayangkan keadaan yang memungkinkan anak saya untuk berinteraksi dengan semua keluarga saya pada akhir pekan, bermain game bersama sepupu-sepupunya di seluruh dunia."

Kipman mengakhiri tulisannya dengan menyebutkan bahwa ada banyak hal lain yang akan Microsoft umumkan dalam waktu beberapa bulan ke depan, mengimplikasikan bahwa Microsoft akan memiliki teknologi baru terkait VR dan AR tahun ini. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.