Epson Ciptakan Kacamata AR dan Simulator Drone

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 08 Nov 2017 17:06 WIB
drone
Epson Ciptakan Kacamata AR dan Simulator Drone
Ilustrasi aplikasi drone simulator yang dikembangkan oleh Epson, DJI, dan Y Media Labs.

Metrotvnews.com: Epson baru saja mengumumkan kacamata pintar dengan teknologi drone simulator dalam bentuk augmented reality.

Dengan teknologi yang diumumkan Epson ini memberikan kesempatan bagi siapapun untuk merasakan pengalaman menerbangkan drone tanpa harus memiliki drone yang harganya terbilang mahal. Dilaporkan oleh Digital Trends, teknologi ini merupakan hasil kolaborasi Epson, Y Media Labs, dan perusahaan drone DJI. 

DJI sendiri menjadi salah satu yang paling berkontribusi dalam teknologi ini. DJI membantu pembuatan aplikasi drone simulator augmented reality (AR) untuk kacamata pintar Epson Moverio BT-300. Untuk menerbangkannya pengguna diberikan alat kendali DJI. Kemampuan kendalinya jauh lebih baik ketimbang menggunakan smartphone.

"Drone harganya mahal, dan akan sangat disayangkan jika drone tersebut rusak karena terlalu sering mengalami kecelakaan saat menerbangkannya. Oleh sebab itu, simulator menjadi sebuah aplikasi yang bisa membuat siapapun bisa menerbangkan drone dan menciptakan permainan yang lebih aman,"  tutur Marketing Lead, Sheila Mikailli.

Untuk bentuk drone yang ditampilkan dalam augmented reality, semuanya terinspirasi dari drone buatan DJI seperti Mavic Pro, Phantom 4, Inspire 2, dan Spark. Tidak hanya bisa belajar menerbangkan drone, aplikasi tersebut juga menyediakan tantangan permainan dalam bentuk augmented reality.

Mikailli menjelaskan, apabila ada pengguna lain yang memiliki perangkat ini maka keduanya bisa bermain bersama. Rencananya, aplikasi simulator tersebut mulai dirilis akhir tahun bersama perangkatnya. 

Sayangnya, perangkat kacamata yang digunakan memiliki sudut pandang yang tidak cukup luas. Anda harus memastikan posisi drone tidak terlalu jauh dari pandangan Anda sehingga tidak menghilang.




(MMI)