MWC 2018

Jerry Shen: Kita Bakal Garap Ponsel Game!

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 02 Mar 2018 17:42 WIB
asusmwc 2018
Jerry Shen: Kita Bakal Garap Ponsel Game!
Ilustrasi: Steemit

Barcelona: Di industri gaming, ASUS sudah dikenal sebagai pemilik merek Republic of Gamers. Sejauh ini, ROG hadir pada kategori perangkat gaming, laptop, motherboard, dan kartu grafis.

Bagaimana dengan idnustri game mobile? CEO ASUS Jerry Shen dalam wawancara terbatas dengan beberapa wartawan Indonesia di Spanyol menyebut akan merambah game mobile dengan mengikuti apa yang telah Razer lakukan.

“Ya, kami akan menciptakan ponsel gaming,” kata Jerry kepada Medcom.id. Namun, ia juga menyebut pendekatan yang akan ASUS pilih berbeda dengan Razer, yang telah menciptakan ponsel game Razer Phone. Pastinya, ponsel game tersebut akan masuk ke kelas high-end, dan ikut mengusung merek gaming ROG.

Soal pendekatan tadi, ASUS menyatakan ingin memberikan pengalaman yang berbeda, sehingga gamer akan merasa eksklusif saat menggunakan smartphone game buatan ASUS. “Kalau hanya ingin bermain game mainstream seperti saat ini, ZenFone 5 Lite juga bisa melakukannya. Pengalaman yang kami tawarkan harus lebih menarik.”

Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh Global Marketing Head of Systems Business Group ASUS, Marcel Campos. Menurutnya, ponsel game yang berbeda bukan hanya soal spesifikasi tinggi. “Dan memang tidak mudah dalam menggarap ponsel game."

"Namun, kami punya pengalaman puluhan tahun dalam membuat motherboard dan VGA. Kami yakin bisa mewujudkannya.”

Sebelumnya, Razer menjadi produsen perangkat gaming pertama yang meluncurkan Razer Phone, ponsel khusus game yang menyediakan spesifikasi tercanggih yang pernah ada. Harga yang dibanderol juga tidak murah.

Sementara game populer saat ini, seperti Mobile Legends dan Arena of Valor tidak memerlukan ponsel dengan jeroan yang mumpuni. Alasannya adalah harga ponsel yang lebih murah memeiliki lebih banyak pengguna, sehingga hal ini juga berdampak pada jumlah pemain.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.