Konsumen Sangat Antusias Beli iPhone X?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 30 Oct 2017 11:47 WIB
appleiphoneiphone x
Konsumen Sangat Antusias Beli iPhone X?
Apple iPhone X sangat diminati. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com: Kabar baik untuk Apple, iPhone X mendapatkan sambutan yang sangat baik. "Kita bisa melihat dari respons awal, permintaan pelanggan sangat tinggi," kata juru bicara Apple. 

Para penggemar Apple telah bisa memesan iPhone X pada 29 Oktober, pukul 12.01 Waktu Pasifik. Hanya dalam waktu 10 menit, stok iPhone X habis, sehingga waktu pengiriman barang mundur dari 3 November.

Waktu barang sampai di tangan pelanggan beragam, tergantung pada model, operator dan negara. Sebagian orang harus rela menunggu satu minggu sejak 3 November, sementara sebagian lain harus menunggu hingga 6 minggu, lapor CNET.

Tingginya permintaan akan iPhone X merupakan kabar baik untuk Apple, setelah reaksi dingin konsumen akan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Sejauh ini, konsumen kurang tertarik dengan dua iPhone baru tersebut. Faktanya, penjualan iPhone 7 lebih laku dari iPhone 8

Tahun ini adalah pertama kalinya Apple merilis beberapa model iPhone sekaligus. iPhone 8 dan 8 Plus telah tersedia di pasar terlebih dulu sementara iPhone X baru akan meluncur di pasar pada 3 November. Beberapa operator telekomunikasi merasa, perbedaan waktu peluncuran merupakan salah satu penyebab kurangnya minat masyarakat akan iPhone 8. 

iPhone X merupakan iPhone pertama yang mengalami perombakan desain dalam beberapa tahun belakangan. Pada ponsel itu, Apple menghilangkan tombol Home beserta Touch ID dan menggantinya dengan teknologi pengenalan wajah Face ID. Selain itu, Apple juga menanamkan layar OLED baru.

Pasar smartphone kini mulai jenuh. Tahun lalu, pertumbuhan pasar smartphone mencapai titik terendah sementara penjualan iPhone terus turun selama 4 kuartal terakhir.

Menurut IDC, pengiriman total seluruh pasar smartphone naik 2,5 persen menjadi 1,47 miliar unit dan angka ini seharusnya mengalami kenaikan 1,7 persen tahun ini. Diperkirakan, pasar smartphone akan terus mengalami kenaikan hingga 2021, meski masa meroketnya penjualan smartphone diduga telah berakhir.


(MMI)