Hacker Bisa Bobol Sistem Mobil dan Sebabkan Kecelakaan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 22 Nov 2017 12:22 WIB
cyber security
Hacker Bisa Bobol Sistem Mobil dan Sebabkan Kecelakaan
Ilustrasi.

Jakarta: Mobil modern bisa jadi senjata hacker yang ingin menyerang sebuah negara, ujar para ahli keamanan siber.

Saat ini, sistem komputer yang ada pada mobil yang dibuat sejak tahun 2005 bisa diretas. Para hacker bisa saja telah membuat berbagai kecelakaan tanpa diketahui oleh pihak berwajib, menurut Justin Cappos, seorang ahli komputer di New York University. 

Dia berkata bahwa masalah ini bisa menjadi masalah keamanan nasional yang mendesak, terutama melihat keadaan geopolitik saat ini.

"Jika terjadi perang atau pertengkaran dengan negara yang memiliki kemampuan siber yang hebat, saya akan sangat takut akan terjadinya peretasan pada kendaraan," kata Cappos, seperti yang dikutip dari The Independent.

"Banyak musuh kita yang memiliki nuklir, tapi semua negara yang bisa melakukan serangan siber bisa membunuh jutaan masyarakat sipil dengan meretas mobil. Ini mengerikan."

"Setelah menembus sistem di mobil, para hacker bisa mengendalikan rem, memutus kendali setir dan mengunci orang di dalam mobilnya atau melakukan hal-hal lain yang tidak Anda inginkan." Cappos meminta agar para pembuat mobil memberikan update software

Sementara itu, Stephen Morro dari SQS Group yang memberikan nasehat pada pelaku bisnis terkait keamanan siber menyebutkan bahwa manufaktur mobil harus lebih bertanggung jawab atas keamanan dari mobil yang mereka jual karena "nyawa yang jadi taruhan."

"Para manufaktur harus bertanggung jawab. Banyak dari mereka yang hanya mau menyediakan keamanan seadanya -- keamanan memang bisa membutuhkan dana banyak dan banyak menganggap bahwa menyediakan keamanan hanyalah formalitas," kata Morow. 

Saat ini, ada sekitar 9 juta mobil di Inggris yang terhubung Wi-Fi. Hal ini memungkinkan pengguna melakukan banyak hal seperti menggunakan sistem GPS di dalam mobil. Pada saat yang sama, ini membuat mobil menjadi lebih retan dari serangan.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /