Apple Siapkan iPhone X Emas untuk Kuartal Ketiga Tahun ini?

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 27 Feb 2018 12:08 WIB
appleiphone x
Apple Siapkan iPhone X Emas untuk Kuartal Ketiga Tahun ini?
Apple tengah mengembangkan warna emas sebagai opsi warna baru untuk iPhone generasi selanjutnya.

Jakarta: Apple kabarnya akan merilis tiga iPhone baru pada bulan September mendatang, yaitu versi upgrade dari iPhone X, versi lebih besar dari upgrade iPhone X dan iPhone berharga terjangkau dengan desain layar serupa iPhone X dan berpanel LCD.

Ketiga perangkat tersebut diperkirakan akan menggunakan Face ID sebagai teknologi otentikasi, menandai akhir dari era Touch ID pada produk iPhone baru. Bloomberg menyebut bahwa versi berukuran Plus iPhone X akan hadir dengan ukuran layar hampir sebesar 6,5 inci.

Apple juga tengah menguji prototipe dari model berukuran lebih besar tersebut dengan resolusi layar 2688 x 1242 piksel. Kanvas lebih besar ini dinilai akan menjadi medium Apple dalam menghadirkan fitur split-view pada iPhone X versi upgrade berukuran lebih besar ini.

Selain itu, Phone X versi upgrade berukuran lebih besar ini juga dikabarkan akan hadir dengan elemen desain inti serupa pendahulunya. Apple dilaporkan tengah mengembangkan opsi warna emas untuk perangkat terbarunya, sebagai pilihan tambahan dari opsi warna hitam dan putih/perak pada iPhone X.

Sedangkan iPhone berpanel LCD diperkirakan akan tampil serupa iPhone X dan juga didukung Face ID dan bezel lebih ramping. Namun, perangkat ini akan hadir dengan bingkai berbalut bahan aluminum, dan bukan berbahan stainless steel.

Sementara itu, Ming-chi Kuo memperkirakan perangkat ini akan hadir dengan layar berukuran 6,1 inci dan dipasarkan dengan harga antara USD700 (Rp9,5 juta) hingga Rp800 (Rp10,9 juta).

Masih tergolong mahal, namun setidaknya penawaran harga ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga awal iPhone X.

Apple juga dikabarkan tengah mengeksplorasi ide untuk menambahkan dukungan SIM Ganda pada iPhone terbarunya, meski dinilai tidak akan terlaksana jika Apple memilih untuk melanjutkan pengembangan implementasi teknologi eSIM pada iPhone.

Teknologi eSIM memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan data seluler tanpa perlu memasukan kartu SIM operator tradisional. Saat ini, Google Pixel 2 telah menggunakan eSIM untuk konsumen Project Fi.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.