Xiaomi Mi LED Smart TV 4C Muncul di Toko Online

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 05 Mar 2018 16:01 WIB
xiaomi
Xiaomi Mi LED Smart TV 4C Muncul di Toko Online
Xiaomi Mi LED Smart TV 4C muncul di toko online milik Xiaomi, Mi.com.

Jakarta: Xiaomi Mi LED Smart TV 4C muncul di toko online Xiaomi, Mi.com, sebelum resmi diluncurkan pada tanggal 7 Maret mendatang. Halaman produk ini belum tersedia, namun nama televisi tersebut dapat ditemukan pada bagian toko, seolah telah resmi dijual.

Xiaomi Mi LED Smart TV 4C merupakan versi berukuran lebih kecil dari Mi LED Smart TV 4 yang diluncurkan di India pada bulan Februari lalu. Televisi ini mengusung layar berukuran 43 inci, lebih kecil dari pendahulunya berlayar 55 inci.

Selain itu, layar Mi LED Smart TV 4C mengusung resolusi 1080p tanpa dukungan teknologi HDR, sementara model berukuran lebih besar mendukung resolusi 4K dan HDR. GSM Arena melaporkan, televisi ini dipasarkan di India dengan harga INR27.999 atau setara dengan USD429 (Rp6,1 juta).

Sebelumnya, versi lebih besar televisi ini dipasarkan dengan harga INR39.999 atau setara dengan USD613 (Rp8,7 juta). Perbedaan utama untuk membedakannya dengan kompetitor adalah kehadiran fungsionalitas TV cerdas serupa model berlayar lebih besar.

Untuk TV cerdasnya, Xiaomi menggandeng sejumlah penyedia konten di India dan membekali TV karyanya dengan integrasi mulus melalui sistem set top box. Hal ini diklaim menjadikan TV cerdas Xiaomi lebih menarik jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Mi LED Smart TV 4 dipasarkan di India pada bulan Februari lalu namun masih belum dapat diperoleh sebagian konsumen, salah satunya akibat permintaan tinggi, namun Xiaomi hanya memasarkannya melalui sistem Flash Sale.

Sistem tersebut memicu kemarahan konsumen di India, yang mengeluhkan kesulitannya untuk mendapatkan TV tersebut, sebab produk dinyatakan habis sesaat setelah program penjualan produk ini dimulai.

Meskipun demikian, hal ini tidak menyurutkan keputusan Xiaomi untuk memasarkan model TV cerdas terbaru ini via sistem yang sama.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.