NVIDIA Gelar Pameran Kecerdasan Buatan Berbasis GPU

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 05 Mar 2018 14:28 WIB
nvidia
NVIDIA Gelar Pameran Kecerdasan Buatan Berbasis GPU
CEO NVIDIA Jensen Huang.

Jakarta: NVIDIA dikenal sebagai salah satu vendor di industri kartu grafis atau GPU. Beberapa tahun belakangan perusahaan yang dipimpin oleh Jensen Huang itu juga menunjukkan perkembangan yang lebih pesat.

Salah satunya adalah pengembangan kecerdasan buatan berbasis GPU yang menjadi fondasi bagi teknologi lain. Lewat pameran GTC (GPU Technology Conference) yang akan digelar pada 26-29 Maret 2018 nanti NVIDIA akan memamerkan semua teknologi terbaru dari GPU buatannya.

NVIDIA telah mengumumkan bahwa cara tersebut akan digelar di San Jose McEnery Convention Center, Silicon Valley, Amerika Serikat. Dalam situs resminya, NVIDIA sudah mengumumkan beberapa acara yang akan ada di rangaian cara selama empat hari tersebut.

Ada lebih dari 600 sesi diskusi mengenai beragam bidang yang bisa mendapatkan dukungan AI berbasis GPU NVIDIA. Untuk partner yang diundang dalam acara ini, ada disebutkan lebih dari 2.700 perusahaan dan perguruan tinggi yang ikut berdiskusi bersama NVIDIA.

Dalam daftar tamun undangan tersebut, tidak hanya perusahaan teknologi yang diundang oleh NVIDIA, tapi juga hadir perusahaan otomotif seperti BMW Group, Ford, Mercedes-Benz, dan Toyota.

Namun, yang paling bikin penasaran adalah kabar bahwa GPU terbaru NVIDIA yang akan dirilis di GTC belum diketahui nama pastinya. Ada dua jenis GPU, Ampere dan Turing. GTC juga bukan menjadi satu-satunya ajang pamer teknologi NVIDIA.

GDC (game Developer Conference) juga diprediksi akan menjadi satu kesempatan lainnya bagi NVIDIA untuk memperkenalkan dua GPU terbaru tadi. Hal ini memang cukup membingungkan, sebab pihak NVIDIA sendiri menyatakan belum berencana untuk memperkenalkan GPU terbarunya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.