Facebook dan Instagram Sempat Bermasalah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 12 Oct 2017 10:53 WIB
media sosialfacebookinstagram
Facebook dan Instagram Sempat Bermasalah
Facebook sempat tidak bisa diakses. (Justin Tallis / AFP / Getty Images)

Metrotvnews.com: Facebook tidak bisa diakses oleh sebagian pengguna, kemarin. Hal yang sama terjadi pada Instagram, yang dimiliki oleh Facebook. Ketika berusaha mengakses Facebook, banyak penggunanya yang dihadapkan pada halaman error. 

Menurut laporan Mashable, para pengguna Facebok mulai melaporkan adanya masalah pada 11.11 ET. Masalah ini memengaruhi baik pengguna yang berusaha mengakses Facebook melalui desktop ataupun perangkat mobile. Berbagai layanan, seperti Down Detector dan Outage Report, mengumumkan bahwa banyak pengguna Facebook yang melaporkan masalah ini. 
 


Menurut data Outage Report, masalah ini memengaruhi pesisir Barat dan Timur dari Amerika Serikat dan juga Eropa. Sementara layanan yang terikat dengan Facebook, seperti Social Flow, melaporkan bahwa ada masalah pada API terkait pengunggahan konten. 

Sebagian pengguna masih bisa mengakses Facebook News Feed ketika masalah ini terjadi. Namun, banyak dari mereka yang tidak bisa mengunggah konten atau membagikan konten yang mereka lihat. Selain itu, sebagian pengguna Instagram juga mengalami masalah serupa. Untungnya, masalah yang dihadapi Instagram tampaknya tidak seluas Facebook. 

Karena Facebook bermasalah, ada pengguna yang kemudian membicarakan masalah ini melalui Twitter. Bahkan ada yang membuat meme tentang hal ini. 
 
"Kami sadar bahwa sebagian pengguna tidak bisa mengakses Facebook dan Instagram," ujar juru bicara Facebook. "Kami tengah berusaha untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin. 

Facebook menyelesaikan masalah ini pada pukul 14.35 ET. Mereka juga memberikan pernyataan baru. "Sebelum ini, masalah jaringan menyebabkan sebagian orang tidak bisa mengakses Facebook. Kami dengan cepat menyelidiki dan memulihkan akses dalam waktu sekitar 1 jam, dan kami telah menyelesaikan masalah ini untuk semua orang. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.