Google Clips, Kamera Anyar yang Punya Kecerdasan Buatan

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 05 Oct 2017 10:03 WIB
google
Google Clips, Kamera Anyar yang Punya Kecerdasan Buatan
Google mengumumkan produk yang diklaim sebagai tipe kamera baru, bertajuk Google Clip.

Metrotvnews.com: Google baru saja mengumumkan produk terbaru. Google Clips diklaim sebagai kamera baru secara keseluruhan. Google Clips hadir dengan tampilan serupa dengan GoPro, meski disebut bukan merupakan kamera aksi.

Phone Arena melaporkan, Google menyebut proses perancangan Google Clips terfokus kepada orang tua dan pemilik hewan peliharaan. Kamera tersebut dilengkapi dengan klip terintegrasi yang juga berfungsi sebagai penyangga guna mempermudah pemasangan.

Google Clips juga menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk memotret atau merekam video singkat secara otomatis pada momen tertentu. Dengan kata lain, kamera ini berbekal kemampuan untuk memotret atau merekam dengan sendirinya.

Namun hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait dengan cara kerja Google Clips dan kemampuannya dalam melakukan tugas yang digadangkan Google. Kamera ini dilaporkan akan mendeteksi wajah familier, senyum, serta situasi perekaman yang stabil dan jelas.

Tujuan utama yang diusung Google pada kamera ini adalah untuk memberikan peluang bagi pengguna untuk memotret di momen berharga. Secara alami, hal tersebut meningkatkan kekhawatiran terkait privasi, namun Google mengaku telah bersiap terkait dengan permasalahan tersebut.

Google Clip hadir dengan tampilan menyerupai kamera dan memiliki lampu indikator, memungkinkan pengguna mengetahui perangkat dan fungsinya. Selain itu, seluruh pembelajaran mesin tersemat di dalam perangkat, dan hanya konten yang disetujui pengguna yang dapat ditransfer ke perpustakaan Google Photos.

Di sisi teknis, Google Clips menggunakan kamera bersudut pandang luas 130 derajat, diklaim mampu merekam sebanyak hingga 15 frame per detik. Kamera ini sanggup beroperasi selama hingga tiga jam dalam mode Smart Capture, serta gambar disimpan pada ruang penyimpanan berkapasitas 16GB.

Gambar hasil potret dan perekaman Google Clip juga dapat ditransfer melalui kabel USB Type-C atau secara nirkabel via Wi-Fi Direct. Hingga saat ini, Google belum memiliki tanggal peluncuran kamera Clip secara pasti. Google Clip disebut akan hadir dalam waktu dekat, diperkirakan pada musim liburan, seharga USD249 (Rp3,3 juta).


(MMI)