Motherboard ASUS Ini Bisa Tampung 2 Prosesor dan RAM Hingga 1,5TB

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 26 Oct 2017 22:59 WIB
asus
Motherboard ASUS Ini Bisa Tampung 2 Prosesor dan RAM Hingga 1,5TB
ASUS WS C621E SAGE

Metrotvnews.com: Seberapa hebat PC yang Anda miliki? Jika Anda masih merasa PC yang ada saat ini masih kurang kencang padahal Anda sudah menggunakan prosesor Threadripper atau Skylake-X, mungkin solusi dari ASUS ini bisa jadi pilihan untuk Anda.

ASUS baru saja mengumumkan motherboard baru yang mengusung chipset Intel C621 bernama WS C621E SAGE. Motherboard ini hadir untuk menyokong prosesor Intel Xeon terbaru dan ditujukan untuk penggunaan sebagai PC workstation kelas atas. Namun, bukan itu yang menjadi nilai jual utama motherboard ini.

ASUS WS C621E SAGE memiliki dua socket LGA 3647, yang artinya Anda bisa memasang hingga dua prosesor Intel Xeon Platinum 8180 dengan total 56 core dan 112 thread. Tentu saja, dengan demikian Anda tidak perlu menanyakan bagaimana performa PC workstation yang menggunakan motherboard ini, khususnya dalam hal performa multithreading.



Masih kurang? ASUS juga menambatkan 12 slot DIMM yang bisa dipasangi modul DDR4-2666. Dengan demikian, Anda bisa memiliki PC workstation dengan total RAM hingga 1,5TB. Tentu saja PC seperti ini sangat jarang ditemukan di sekitar kita.

Untuk memperkaya fungsinya sebagai PC workstation kelas elit, WS C621E SAGE hadir dengan 7 slot PCIe x16 dengan dukungan teknologi Quad SLI dan Quad CrossFireX. Lebih menariknya lagi, ASUS membuat motherbard ini secara khusus agar prosesor Xeon bisa di-overclock.

Secara teknis, Intel mengunci angka multiplier jajaran prosesor Xeon terbarunya sehingga tidak bisa di-overclock. Namun, ASUS mengklaim Anda akan bisa melakukan overclocking menggunakan motherboard ini. Hingga kini, masih belum diketahui bagaimana teknis overclocking-nya, namun menurut TechPowerUp Anda akan hanya bisa meningkatkan base clock dari prosesor Xeon terbaru melalui motherboard ini.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.