Jumlah Pengguna Snapchat Stabil, Penghasilan Snap Naik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 06 Feb 2019 14:28 WIB
media sosialsnapchat
Jumlah Pengguna Snapchat Stabil, Penghasilan Snap Naik
Pengguna harian Snapchat tidak lagi berkurang. (Photo by Robyn BECK / AFP)

Jakarta: Snap, yang sempat kesulitan untuk mempertahankan pengguna Snapchat, mengumumkan kabar baik saat memberikan laporan keuangan. Para pengguna Snapchat tidak lagi melarikan diri. 

Snap berkata, pada Q4, Snap memiliki 186 juta pengguna harian, sama seperti pada kuartal sebelumnya. Tahun lalu, selama dua kuartal berturut-turut, jumlah pengguna harian Snapchat menurun setelah perusahaan memutuskan untuk merombak desain aplikasi, seperti yang disebutkan oleh CNET

Jumlah pengguna yang stabil ini membantu Snap untuk meningkatkan penghasilan dan menekan kerugian jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Investor senang dengan kabar ini. Harga saham Snap naik 20 persen. 

Ini bukan berarti masalah Snap telah berakhir. Perusahaan tengah mengembangkan versi baru dari aplikasi Snapchat untuk Android. Snap juga mengalami masalah berupa para eksekutif yang memutuskan untuk keluar, termasuk Tim Stone, Chief Financial Officer, yang keluar setelah bekerja di Snap selama kurang dari satu tahun. 

Snapchat juga harus bersaing dengan media sosial lain, seperti Facebook dan Instagram. Keduanya kini juga menyediakan fitur berupa konten yang bisa menghilang, sama seperti yang ditawarkan Snapchat. 

"Perubahan yang kita buat di platform Snapchat dan bisnis model kami adalah sesuatu yang perlu kami lakukan dan menciptakan banyak kesempatan di masa depan," kata CEO Snap Eval Spiegel. "Tapi, perubahan memang selalu sulit dan tahun lalu bukanlah pengecualian."

Snap telah merilis versi baru dari aplikasi Android mereka ke sejumlah pengguna. Namun, mereka belum menyebutkan kapan versi tersebut akan tersedia ke semua pengguna Android. 

Spiegel juga mengatakan, mereka berusaha untuk mendorong pengguna berumur 13-14 tahun untuk menghabiskan waktu lebih lama di Snapchat dengan meluncurkan konten original di platform tersebut. 

Pada saat yang sama, Snap juga berusaha untuk membuat aplikasi Snapchat menjadi lebih personal untuk pengguna yang berumur di atas 34 tahun. Mereka juga akan mencoba untuk melakukan ekspansi secara internasional. 

Pada Q4, penghasilan Snap naik 36 persen menjadi USD389,8 juta (Rp5,4 triliun), lebih besar dari perkiraan analis, yang hanya memperkirakan USD377,52 juta (Rp5,2 triliun). Snap juga menyebutkan bahwa mereka memperkirakan, Snapchat tidak akan kehilangan pengguna lagi. 


(ELL)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.