Sebagian Pengguna iPhone tak Bisa Masuk ke Apple ID

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 14 Nov 2018 09:01 WIB
apple
Sebagian Pengguna iPhone tak Bisa Masuk ke Apple ID
Sejumlah pemilik akun Apple ID melaporkan bahwa mereka terkunci dari akun dan harus mereset password.

Jakarta: Sejumlah pengguna mengaku terkunci dari akun Apple ID mereka sejak 12 November lalu, tanpa informasi terkait penyebab terjadinya permasalahan ini. Pengguna yang mengalami permasalahan ini berbondong-bondong menyuarakan kekesalan mereka di Twitter.

Informasi yang dilaporkan Phone Arena menyebut bahwa pemilik akun Apple ID tersebut dipaksa keluar dari akun untuk alasan keamanan. Selain itu, pemilik akun juga diharuskan untuk melakukan reset password via opsi Unlock Account.

Diduga, masalah ini muncul ketika pengguna sedang melakukan hal-hal tidak terkait keamanan, seperti mendengarkan lagu via Apple Music di iPhone atau menonton konten via Apple TV. Hingga saat ini, Apple belum mengeluarkan tanggapan resminya atau mengonfirmasi permasalahan ini, yang terjadi secara global.

Namun kepada Apple Insider, salah satu pegawai Apple menyebut bahwa saat ini, permasalahan tersebut diperkirakan tidak disebabkan oleh bug. Dia juga mengatakan, permasalahan ini hanya mempengaruhi sebagian kecil dari pemilik akun Apple ID.

Ini bukan satu-satunya masalah yang pengguna iPhone hadapi belakangan. Kemarin, melalui situs resminya, Apple memperingatkan konsumen bahwa iPhone model X mungkin mengalami permasalahan sentuhan akibat komponen yang mengalami kegagalan pada modul layar. Apple menyebut hal ini berarti layar atau bagian dari layar tidak merespons pada sentuhan, serta layar berpeluang untuk bereaksi meski tidak disentuh.

Apple tidak melulu mengalami masalah. Sebelumnya, Apple dilaporkan mendaftarkan dokumen paten baru, menampilkan iPhone dengan lubang pada layar sebagai tempat untuk kamera. Dokumen paten dengan judul Integrated Camera Window ini didaftarkan Apple di United States Patent and Trademark Office pada bulan Juni 2018 lalu.


(ELL)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.