Instagram Gulirkan Nametags, Apa Itu?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 05 Oct 2018 13:07 WIB
instagram
Instagram Gulirkan Nametags, Apa Itu?
Instagram merilis fitur baru bertajuk Nametag, memudahkan penguna mengikuti orang lain.

Jakarta: Instagram merilis fitur terbaru bergaya Snapcode QR, disebut dengan nama Nametags, secara global di aplikasi versi iOS dan Android. Sebelumnya, informasi terkait dengan fitur ini telah terlebih dahulu beredar pada bulan Maret dan April lalu.

Secara teknis, TechCrunch melaporkan, fitur ini bukan kode QR, tetapi hadir dengan tampilan yang memungkinkan pengguna mengikuti orang yang ditemui secara offline. Kode tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Selain itu, kode ini juga dapat diakses dari menu yang diwakili tiga garis horisontal di sudut kanan atas halaman profil akun pengguna. Kode ini dapat dipindai saat pengguna lain mengetuk dan menekan kode selama beberapa saat pada kamera Instagram Stories.

Pemindaian juga dapat dilakukan via tombol Scan Nametag pada tag nama pengguna untuk mengikuti akun secara instan. Pengguna dapat menambahkan warna, emoji atau foto diri berhias karakter AR pada Instagram Nametag.

Kemudian, tunjukan tag pada ponsel untuk membantu orang lain menjadi pengikut akun. Selain itu, tag juga dapat ditempatkan di situs atau media sosial lain, atau dikirimkan kepada rekan SMS, WhatsApp, Messeger dan sebagainya.

Fitur baru tersebut serupa dengan fitur Snapcodes milik Snapchat yang dirilis pada profil pengguna pada tahun 2015, dan kemudian dapat digunakan untuk mengakses situs dan membuka kunci filter AR.

Facebook Messenger meluncurkan kode QR miliknya pada bulan April 2017, meski belum berhasil menarik perhatian pengguna.

Instagram Nametags dinilai sesuai bagi pengguna Instagram yang memanfaatkan media sosial tersebut untuk kepentingan bisnis, guna mempromosikan produk mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.