Facebook Umumkan Layar Cerdas Karyanya Minggu Ini?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 24 Sep 2018 08:10 WIB
facebook
Facebook Umumkan Layar Cerdas Karyanya Minggu Ini?
Facebook dirumorkan akan merilis layar cerdas karyanya pada akhir bulan September ini.

Jakarta: Pada bulan Februari lalu, beredar informasi menyebut bahwa Facebook tengah mengembangkan sepasang layar cerdas dengan layar sentuh berukuran 15 inci. Pada bulan April, rumor yang beredar mengungkap informasi detil terkait dengan dua perangkat tersebut.

Salah satu perangkat bernama Fiona, hadir dengan layar berukuran 13 inci, sedangkan lainnya bernama Aloha degan layar berukuran 15 inci. Namun, waktu perilisan keduanya tertunda akibat skandal Cambridge Analytica.

Beredar spekulasi bahwa layar cerdas ini akan diperkenalkan sebelum bulan Oktober atau akhir bulan September. Kini kembali beredar informasi menyebut bahwa Facebook akan segera mengungkapkan dua layar cerdas karyanya, setidaknya pada minggu ini.

Perangkat ini akan mengusung kodenama Portal, dan model berukuran lebih besar akan dipasarkan seharga USD400 (Rp5,9 juta), sedangkan model berukuran lebih kecil seharga USD300 (Rp4,4 juta).

Layar cerdas ini akan berbekal kamera wide-angle yang memanfaatkan teknologi AI untuk mengenali orang di depan layar, bahkan saat berjalan melintasi ruangan.

Saat pemilik Portal menginginkan privasi, kamera dapat diblokir menggunakan penutup yang terintegrasi pada perangkat. Portal akan didukung oleh Amazon Alexa sebagai asisten personal virtual, memungkinkan pengguna menikmati rangkaian kapsul berita, mengikuti resep, menonton video YouTube dan melihat lirik lagu sembari streaming musik.

Pegawai Facebook telah menguji Portal di rumah dan peritel menunjukan produk karya perusahaan jejaring sosial raksasa tersebut. Namun, rasa aman terkait data pengguna saat menggunakan layar cerdas karya Facebook ini masih diragukan oleh sejumlah pihak.

Sebelumnya, Facebook mengakusisi produsen headset VR Ocuus pada tahun 2014, serta membantu merancang sepasang ponsel untuk HTC. Kedua ponsel yang mengusung nama HTC Cha Cha atau Status dan HTC Salsa tersebut berbekal tombol berbagi di Facebook yang menyala dalam warna biru saat terdapat konten menarik.

Sayangnya, kedua ponsel terseut mengalami kegagalan, sehingga layar cerdas terbaru Facebook ini diharapkan tidak mengalami nasib serupa.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.