Tahun Depan, Samsung Rilis Tiga Macam Galaxy S10?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 26 Jun 2018 10:36 WIB
samsung
Tahun Depan, Samsung Rilis Tiga Macam Galaxy S10?
Samsung Galaxy S9. (Samsung)

Jakarta: Samsung tampaknya sudah menyiapkan generasi penerus premium mereka, Samsung Galaxy S10. Menariknya, untuk pertama kali Samsung akan merilis seri tersebut dalam tiga jenis varian.

Kabar ini dikutip dari media lokal Korea Selatan ETNews. Seperti yang diketahui bahwa selama ini Samsung hanya memecah seri Samsung Galaxy S dalam dua versi, yakni versi biasa dan versi Edge atau seri plus seperti yang diperkenalkan pada Samsung Galaxy S9+.

Informasi tersebut dari orang dalam Samsung, yang kabarnya akan segera diumumkan pada paruh pertama tahun depan.

Informan itu juga menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S10 dikembangkan dengan kode nama Beyond yang terdiri dari Beyond 0, Beyond 1, dan Beyond 3. Ketiganya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dalam beberapa aspek.

Untuk ukuran layar, Beyond 0 dan Beyond 1 hadir dengan ukuran layar 5,8 inci sementara Beyond 2 memiliki ukuran 6,2 inci. Perbedaan juga terletak di kamera belakangnya, Beyond 0 memiliki single kamera, Beyond 1 dengan kamera ganda, sementara Beyond 2 dengan triple kamera seperti yang diusung oleh Huawei P20 Pro.

Menyediakan seri Samsung Galaxy S dalam tiga model sekaligus menjadi langkah strategis pertama Samsung. Tentunya merilis tiga varian smartphone premium tiap tahun memiliki tantangan sendiri.

Siklus smartphone premium yang semakin cepat dan mengingat harganya yang cukup mahal mungkin akan menjadi pertaruhan yang berani bagi Samsung.

Perlu diketahui bahwa tahun ke depan akan menjadi momen usia 10 tahun seri Samsung Galaxy S, sehingga boleh dibilangkan keputusan merilis tiga varian model kali ini mungkin akan dilakukan sekali.

Hal ini mengingatkan kita pada Apple yang juga merilis tiga perangkat beberapa waktu lalu yakni iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.