Apple Watch Jadi Perangkat Terlaris di Musim Libur Mendatang?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 01 Oct 2018 11:03 WIB
apple
Apple Watch Jadi Perangkat Terlaris di Musim Libur Mendatang?
Apple Watch diprediksi sebagai produk terpopuler yang dipilih konsumen sebagai hadiah di musim liburan.

Jakarta: Menjelang musim liburan di akhir tahun, sejumlah analis menyebut bahwa Apple Watch akan menjadi produk yang dipilih sebagai hadiah terbanyak selama kuartal empat tahun 2018 ini.

Menurut Cascend Securities, 10 juta unit Apple Watch akan terjual dari bulan Oktober hingga akhir Desember. Selama tahun 2018, Cascend Securities memprediksi bahwa Apple akan menjual Apple Watch dengan nilai hingga USD9 miliar (Rp134,2 triliun).

Jamie Ward, pimpinan grup keuangan ritel Citizen Bank, memperkirakan bahwa Apple Watch akan melengserkan perhiasan sebagai hadiah musim liburan terfavorit.

9to5Mac melaporkan analis tersebut berpendapat, perangkat teknologi dinilai memiliki manfaat lebih, sehingga konsumen tidak keberatan mengeluarkan uang dari dompet mereka. Hal ini akan berdampak pada penurunan minat terhadap perhiasan.

Pendapat Ward tersebut dibantah oleh sebagian besar toko ritel perhiasan, menyebut meski hadiah teknologi terkini memiliki daya tarik besar, tetapi hanya bersifat sementara waktu dan dalam kurun waktu singkat. Perhiasan dinilai tidak lekang oleh waktu dan sesuai untuk berbagai acara, selain libur hari raya.

Sementara itu pada tahun lalu, Apple menyebut smartwatch karyanya menjadi jam tangan dengan penjualan terbaik di dunia, tidak hanya di kategori jam tangan cerdas, tetapi juga jam tangan secara keseluruhan.

Apple Watch Series 4 hadir dengan varian model GPS, ditawarkan seharga dari USD399 (Rp5,9 juta), sedangkan varian GPS dan Seluler dari USD499 (Rp7,4 juta).

Varian dengan dukungan konektivitas seluler ini hadir dengan layar berukuran lebih luas, dan berbekal kemampuan elektrokardiogram, memperingatkan pengguna terkait dengan ritme detak jantuk tidak umum. Apple turut memposisikan jam tangan cerdasnya tersebut sebagai alat kesehatan.

Sebelumnya, fitur pengawas detak jantung pada Apple Watch disebut telah menyelamatkan nyawa sejumlah pengguna, menjadi alasan sejumlah konsumen memilih jam tangan ini sebagai hadiah untuk rekan atau keluarga mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.