Visa Lengkapi Kacamata Hitam dengan NFC untuk Pembayaran

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 15 Mar 2017 20:43 WIB
teknologi
Visa Lengkapi Kacamata Hitam dengan NFC untuk Pembayaran
Visa pamerkan prototipe kacamata untuk melakukan pembayaran. (GETTY IMAGES FOR VISA)

Metrotvnews.com: Visa memamerkan prototipe dari sebuah kacamata hitam yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dalam Festival SXSW yang diadakan di Texas.

"Ini merupakan bagian dari rencana untuk merealisasikan motto kami tentang dimana pun Anda berada," kata Chief Brand and Innovation Marketing Officer, Visa, Chris Curtin. "Tanpanya, sulit untuk merealisasikan motto kami.

Lebih lanjut, dia berkata, "Harapan kami adalah menggunakan benda yang Anda pikir tidak akan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti kacamata hitam atau cincin dan menunjukkan pada masyarakat akan kemungkinan yang ada."

Menurut CNBC, prototipe kacamata Visa ini tidak terlihat berbeda dari kacamata hitam biasa. Satu-satunya perbedaan yang ada adalah karena ia memiliki chip kecil di bagian sampingnya. Untuk membayar, pengguna cukup melepas kacamata ini dan menyentuhkannya ke terminal NFC Visa. Dengan begitu, Anda tidak lagi perlu menggesek kartu.

Saat ini, kacamata prototipe ini memang belum tersedia untuk masyarakat luas. Visa sedang mencoba untuk melihat apakah masyarakat akan tertarik dengan konsep ini dan apakah bank atau merek tertentu tertarik mensponsori pengembangan kacamata ini.

Teknologi perangkat wearable memang tidak menyebabkan perubahan di dunia layaknya ketika smartphone pertama kali diperkenalkan 10 tahun yang lalu. Namun, banyak perusahaan dan investor yang tertarik untuk masuk ke pasar wearable. Sementara itu, Visa tertarik dengan wearable karena mereka ingin mencari metode pembayaran baru. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.