4 Juta Pelanggan Smartfren Sudah Migrasi ke 4G LTE

Insaf Albert Tarigan    •    Kamis, 17 Nov 2016 12:39 WIB
telekomunikasismartfren telecom
4 Juta Pelanggan Smartfren Sudah Migrasi ke 4G LTE
Ilustrasi. (grmsolutions)

Metrotvnews.com, Palembang: Sebanyak 4 juta dari total 11 juta pelanggan Smartfren di Indonesia telah migrasi menggunakan jaringan 4G LTE, per Q3 2016. Proses migrasi ini tergolong cepat karena operator milik swasta ini baru meluncurkan 4G LTE tahun lalu. Apa rahasianya?

"Strateginya kita proaktif. Sejak tahun lalu sudah proaktif mengirimkan SMS kepada pelanggan agar mereka segera upgrade jaringan ke 4G yang lebih baik dan kencang," kata Derric Surya, VP Brand and Marcomm Smartfren di Palembang, Kamis (17/11/2016).

Selain itu, kata Derrick, Smartfren meluncurkan banyak program promosi yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan. Smartfren juga mempermudah konsumen untuk menukarkan perangkat lama dengan ponsel Andromax terbaru yang telah mendukung jaringan 4G LTE. Bagi non-pengguna Andromax, Smartfren meluncurkan beragam ponsel hasil kerja sama dengan vendor lokal dan global, termasuk Samsung, Lenovo dan Evercoss.

"Kita juga proaktif memperluas opsi bagi pelanggan menikmati 4G LTE. Ada promo data true unlimited, HP Andromax-nya digratiskan, konsumen cukup beli data seharga Rp 65 ribu," katanya sembari menambahkan bahwa Smartfren menargetkan migrasi pelanggan ke 4G akan tuntas tahun depan.

Dalam kesempatan yang sama, VP Special Project Network Smartfren, Munir Syahda Prabowo menambahkan, khusus untuk wilayah Sumatera Selatan dan Palembang, hampir semua pelanggan sudah berada di jaringan 4G LTE. Memang, masih ada sebagian kecil pelanggan yang menggunakan CDMA karena perangkatnya masih hybrid.

"Di Palembang kita sekarang ingin meningkatkan experience yang lebih bagus dengan menambah kapasitas jaringan menggunakan TDD (Time Division Duplex)," katanya.


(ABE)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.