Sistem Microsoft Bisa Mendengar Setajam Manusia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 19 Oct 2016 15:33 WIB
microsoft
Sistem Microsoft Bisa Mendengar Setajam Manusia
Microsoft berhasil mengembangkan engine pengenalan percakapan mereka. (AFP PHOTO / Josh Edelson)

Metrotvnews.com: Divisi Artificial Intelligence and Research Microsoft telah berhasil membuat sistem speech recognition yang dapat mendengarkan percakapan sebaik manusia. Sistem baru ini diumumkan Microsoft dalam sebuah blog post.

Tim dibalik teknologi baru ini menyebutkan, teknologi baru itu memang tidak sempurna, tapi ia telah mencapai "level yang sama dengan manusia", yang berarti, saat melakukan transkirpsi, jumlah kesalahan yang dibuat sistem sama atau lebih sedikit dari transkripsi yang dilakukan oleh manusia. 

CNET melaporkan, tingkat kesalahan sistem baru dari Microsoft ini turun menjadi 5,9 persen dari 6,3 persen pada bulan lalu. Pencapaian ini berarti, komputer akan dapat menangkap kata-kata yang digunakan dalam percakapan dengan lebih baik.

Sistem ini menggunakan jaringan syaraf untuk memproses data dalam jumlah yang sangat banyak sehingga ia dapat mempelajari pola yang ada. Teknologi ini menarik karena ia akan dapat digunakan pada software speech-to-text, termasuk asisten virtual, seperti Cortana milik Microsoft.

"Teknologi ini akan membuat Cortana menjadi semakin berguna, membuat asisten cerdas menjadi mungkin untuk diwujudkan," kata Harry Shum, Executive Vice President of the Microsoft Artificial Intelligence and Research.

Menurut Engadget, tujuan berikutnya yang hendak dicapai oleh Microsoft adalah meningkatkan kemampuan sistem ini sehingga ia bisa digunakan dalam keadaan sehari-hari, misalnya di jalan yang ramai atau ketika seseorang sedang berkendara. Mereka juga ingin agar sistem itu dapat mengenali beberapa pengguna sekaligus.


(MMI)