Cincin Planet Raksasa Ini Lebih Besar dari Jarak Bumi ke Mars

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 19 Nov 2016 17:48 WIB
antariksa
Cincin Planet Raksasa Ini Lebih Besar dari Jarak Bumi ke Mars
Planet J1407b

Metrotvnews.com: Saturnus merupakan salah satu planet yang paling dikenali di sistem tata surya kita karena memiliki cincin yang mengitarinya. Cincin berupa formasi batuan dan asteroid tersebut memang telah membuat Saturnus terlihat sangat indah.

Namun, Saturnus ternyata bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin. Menurut Popular Science, ilmuwan dari Leiden Observatory dan University of Rochester di Belanda mengumumkan temuan baru berupa planet yang memiliki cincin seperti Saturnus. Menariknya, cincin planet baru tersebut sangat besar yaitu hingga 200 kali lebih besar daripada cincin planet Saturnus.

Planet baru tersebut diberi nama J1407b karena mengorbit di bintang bernama J1407. Planet J1407b memiliki 37 lapis cincin dengan total radius mencapai 88,5 juta kilometer.

Jika dibandingkan dengan kondisi sistem tata surya kita, jarak Bumi dengan Mars saja hanya sekitar 60 juta kilometer. Ini membuat J1407b dikategorikan sebagai salah satu planet terbesar yang pernah ditemukan.

J1407b juga dilaporkan memiliki ukuran yang sangat besar, yaitu hingga 40 kali ukuran planet Jupiter yang merupakan planet paling besar di sistem atat surya kita.

Saking besarnya, jika planet tersebut berada dengan jarak yang sama dengan matahari dengan Bumi, maka J1407b akan masih tampak jauh lebih besar dari Bulan.

Saat ini, ilmuwan masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkategorikan planet tersebut sebagai calon planet yang bisa dihuni (exoplanet) atau bukan.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /