Apple Berikan Baterai Baru iPhone 6s Gratis

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 22 Nov 2016 08:06 WIB
appleiphone
Apple Berikan Baterai Baru iPhone 6s Gratis
Ada sebagian kecil iPhone 6s yang bermasalah. (AP Photo / Kiichiro Sato)

Metrotvnews.com: Apple mengakui bahwa ada masalah pada baterai iPhone 6s. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu menyebutkan, ada masalah pada baterai sejumlah kecil iPhone 6s yang menyebabkan smartphone tersebut mendadak mati, yang disebut "Touch Disease". 

Jika Anda memiliki iPhone 6s yang diproduksi antara bulan September dan Oktober 2015, maka Anda bisa menukar baterai iPhone secara gratis. Menurut Engadget, pengguna iPhone tersebut cukup pergi ke Apple Store atau penjual resmi. 

Setelah itu, nomor serial iPhone sang pengguna akan diperiksa dan jika iPhone itu memang dianggap bermasalah, maka dia akan mendapatkan baterai iPhone pengganti. Selain itu, jika pengguna sudah terlanjur membeli baterai baru, Apple akan menggantikan biaya pembelian baterai tersebut.

ZDNet melaporkan, berbeda dengan kasus Galaxy Note 7 yang rentan meledak, Apple menegaskan bahwa masalah pada baterai iPhone 6s tidak akan mempengaruhi keselamatan pengguna.

Apple mengingatkan pengguna untuk membuat back up data, mematikan fitur Find My iPhone dan menghapus data yang ada sebelum mengembalikannya untuk mendapatkan baterai pengganti.

Selain itu, jika iPhone memiliki kerusakan lain, seperti layar yang retak, maka pengguna akan diminta memperbaiki kerusakan tersebut, dan ongkos perbaikan itu akan ditanggung pengguna.

Beberapa pengguna iPhone melaporkan bahwa perangkatnya mendadak mati sejak tahun lalu.

Namun, keputusan Apple untuk mengadakan program penggantian baterai gratis ini didorong oleh munculnya laporan bahwa Asosiasi Konsumen Tiongkok meminta Apple untuk menyelidiki protes dari para pengguna iPhone 6s di Tiongkok, yang berkata bahwa iPhone 6s mereka mendadak mati meski ia masih memiliki daya sekitar 50-60 persen.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.