CIA Punya Software untuk Pantau Badan Intelijen Lain

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 Aug 2017 12:48 WIB
wikileaksciacyber security
CIA Punya Software untuk Pantau Badan Intelijen Lain
CIA disebutkan punya software untuk ambil data biometrik badan intelijen lain. (The Independent)

Metrotvnews.com: Beberapa hari lalu, WikiLeaks membocorkan dokumen yang mengungkap proyek rahasia CIA untuk mengambil data dari pihak yang menggunakan sistem pengumpulan data biometrik mereka.

Program yang disebut ExpressLane ini didesain agar bisa berjalan bersama dengan sistem pengumpulan data biometrik yang CIA berikan pada badan-badan yang menjadi rekan mereka. Secara teori, rekan-rekan tersebut telah setuju untuk memberikan akses pada CIA pada data biometrik yang mereka kumpulkan.

Namun, jika mereka tidak setuju, ExpressLane memungkinkan CIA mendapatkan data tersebut tanpa diketahui, lapor The Verge.

ExpressLane menyamarkan diri sebagai update software yang diberikan langsung oleh teknisi CIA. Program ini akan mengumpulkan data ke dalam sistem ke perangkat dengan port USB, yang bisa diteliti oleh para agen untuk melihat apakah badan lain yang menjadi rekan mereka menyembunyikan sesuatu dari mereka.

Jika badan lain yang menjadi rekan CIA menolak pembaruan ini, CIA memiliki tombol yang berfungsi untuk mematikan seluruh sistem pengumpulan biometrik yang hanya bisa dipulihkan jika seorang teknisi datang dan membetulkan sistem tersebut.

Masih belum jelas siapa saja rekan intelijen yang dimaksud. Namun, WikiLeaks mengklaim bahwa program ini digunakan oleh CIA untuk memata-matai organisasi di AS, seperti FBI dan Departemen Pertahanan Nasional. Mengingat CIA sendiri tidak memiliki database biometrik sendiri, masih tidak diketahui apa yang akan mereka lakukan dengan data yang mereka dapatkan ini. 


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /