Penuhi Target, Telkom Pulihkan Layanan Akibat Anomali Satelit

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 12 Sep 2017 14:33 WIB
telkom
Penuhi Target, Telkom Pulihkan Layanan Akibat Anomali Satelit
foto: MTVN/DANU

Metrotvnews.com, Jakarta: Telkom sanggup memenuhi janjinya dalam memulihkan layanan yang bermasalah akibat anomali satelit Telkom-1 pada tanggal 10 September lalu.

Proses pemulihan layanan tahap pertama, yaitu penyediaan transponder pengganti telah selesai per tanggal 30 Agustus. Sementara tahap kedua, yaitu repointing ground segment, telah selesai per tanggal 10 September lalu. Proses repointing adalah penyesuaian antena di ground segment agar sesuai dengan transponder sateli baru yang telah diberikan.

"Fokus kami adalah untuk memulihkan layanan, maka Telkom mengguakan semua alat produksinya, khususnya konektivitas, secara optimal," kata Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga.

"Karena itu, kami tidak hanya melakukan repointing. Dari total lebih dari 15 ribu sites layanan pelanggan, kami melakukan repointing dari 81 persen ground segment." 

Sisanya, Alex menjelaskan, akan diselesaikan menggunakan dua solusi lain yaitu menggunakan fiber optic (5 pesen) dan machine-to-machine (14 persen). Keduanya merupakan solusi temporer atau sementara dari Telkom.

"Kami akan berdiskusi dengan pelanggan. Akhirnya, pelanggan yang memutuskan apakah mereka akan tetap menggunakan satelit atau menjadikan solusi temporer ini permanen," kata Alex.

Jika pelanggan tetap ingin menggunakan satelit, jelas Alex, maka Telkom kemudian akan kembali melakukan repointing. "Jika tidak dilakukan dengan buru-buru, ini bisa direncanakan sehingga pengalihan layanan dari fiber optic atau machine-to-machine ke satelit bisa dilakukan saat trafik layanan sedang tidak ada," ujar Alex.

Lebih lanjut, Telkom mengungkap, masalah konektivitas untuk semua pelanggan yang dilayani Telkom-1 memang telah diselesaikan. Namun, terkait layanan ATM, ada langkah lain yang harus dilakukan oleh pihak bank bersangkutan. 

Dia mengatakan, jika sebuah ATM berada dalam keadaan offline, maka bank memiliki kewajiban mengambil semua uang yang ada dalam ATM tersebut. Karena itu, meskipun masalah konektivitas telah selesai, pihak bank yang ATM-nya sempat mengalami gangguan akibat anomali Telkom-1, masih membutuhkan waktu ekstra untuk memulihkan layanan ATM sepenuhnya. 

Alex menyebutkan, BCA, yang paling terpengaruh oleh kejadian ini, mengonfirmasi bahwa per 11 September, semua layanan ATM mereka telah pulih.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /